Mobkom-Image-Peduli Road Safety, Michelin Edukasi Pengendara Bersama Komunitas

Michelin Adakan Uji Coba Konsumsi BBM

Berita Terkini
Mobkom-Image-Michelin-Adakan-Uji-Coba-Konsumsi-BBM
Foto: Dedi Sofyan

Sebagai bagian dari komitmen Michelin untuk mendukung penghematan energi di segmen kendaraan komersial, selama dua hari hingga tanggal 31 Oktober 2013, PT Michelin Indonesia melaksanakan kegiatan fuel consumpition test, sebuah program rutin yang dilaksanakan Michelin Global di seluruh dunia. Pada kegiatan fuel consumpition test ini Michelin menggunakan jalur Tol Sentul-Bogor sepanjang 60 kilometer dan melibatkan dua truk sebagai penguji.

Dituturkan Alfons Abikaryono, Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia, kegiatan fuel consumption test yang dilaksanakan oleh mereka tersebut terbagi menjadi tiga tahapan. Pada tahap pertama, dilakukan pengujian tingkat penghematan bahan bakar minyak (BBM) pada dua truk yang menggunakan ban sejenis. Selanjutnya di tahap kedua dilakukan perbandingan tingkat penghematan BBM pada truk pertama yang menggunakan ban radial Michelin Agilis HD dengan truk ke-dua yang memakai ban bias.

“Pada tahap ketiga, untuk mendukung hasil pengujian tahap kedua maka ban kedua truk dipindahkan. Truk pertama yang semula menggunakan ban radial Michelin Agilis HD memakai ban bias. Sementara truk kedua menggunakan ban radial Michelin Agilis. Setelah itu akan diukur kembali tingkat penghematan bahan bakar dari kedua truk yang menggunakan dua jenis ban yang berbeda tersebut,” beber Alfons, Kamis (31/10) ini.

Selama periode pengujian tersebut, kedua truk dengan bobot yang sama melakukan empat putaran, dimana setiap putaran berjarak 60 km. Sesuai standar penguji Michelin, batas minimal untuk pengujian adalah 4-5 kali putaran, dari hasil tersebut tim Michelin menyimpulkan bahwa Michelin Agilis HD dapat menghemat BBM hingga 7 persen dibandingkan ban bias. Uji coba tersebut telah dilakukan oleh mereka di negara lain, seperti di Thailand dan India. (DD)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 6

Tinggalkan Balasan