home Berita Terkini, Bus & Truk MAN tak Main-main Garap Pasar Bus

MAN tak Main-main Garap Pasar Bus

Mobkom-Image-MAN tak Main-main Garap Pasar Bus
Foto: Dedi Sofyan

Agen tunggal pemegang merek truk MAN, PT Duta Putera Sumatera, tampaknya tak main-main menggarap pasar bus. Mereka menganggap sektor transportasi massal merupakan celah yang tidak boleh dianggap remeh. Langkah serius ini terbukti dengan dihadirkannya dua varian bus, yakni MAN R37 dan MAN A69.

Diungkapkan Nugroho Tjandrakusuma, Direktur PT Duta Putera Sumatera, pihaknya berharap varian bus yang mereka luncurkan mampu sesukses varian truk yang telah lebih dulu eksis. Apalagi, sambutan dari para pengusaha bus sejauh ini cukup baik.

“Kami telah menerima pesanan dari beberapa perusahaan otobus. Salah satunya adalah PO Nusantara. Mereka saat ini ingin melakukan peremajaan bus mereka. Bus-bus itu nantinya akan digunakan pada jalur antar kota antar provinsi,” papar Nugroho.

Ditambahkan Nugroho, kian giatnya pemerintah membangun infrastruktur, misalnya saja jalan tol, makin membut mereka optimistis terjun ke pasar bus. Selain itu, tuntutan tersedianya transportasi massal yang baik terus didengungkan para penggunannya. “Kami optimistis bisa berjaya di segmen ini, seperti segmen truk sebagai pendahulunya,” kata Nugroho.

Lebih jauh mengenai bus MAN R37 sendiri, diterangkan Nugroho varian ini mengaplikasi mesin D2679 LOH10. Mesin ini termasuk tipe ramah lingkungan, dengan kekuatan maksimal 460 Hp (338 kW) pada 1.900 rpm dan torsi 2.100 Nm pada 1000-1.400 rpm. Transmisinya manual dengan 12 percepatan, tipe ZF 12 AS.

“Untuk modifikasinya, bus ini bisa dibangun bertingkat, seperti bus yang wara-wiri di kota-kota negara maju. Harga jual bus ini USD 170.500 off the road,” papar Nugroho. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

 

Tinggalkan Balasan