home Berita Terkini, Teknologi KTT APEC Gunakan Bus Biodiesel

KTT APEC Gunakan Bus Biodiesel

Mobkom-Image-KTT APEC Gunakan Bus Biodiesel
Foto: Ilustrasi Biodiesel/Istimewa

Ajang Konferensi tingkat Tinggi (KTT) APEC di Nusa Dua, Bali, ternyata memberi warna tersendiri bagi dunia otomotif. Betapa tidak, di ajang itu 100 Bus biodiesel berbahan bakar minyak kelapa sawit diluncurkan, sekaligus digunakan sebagai kendaraan resmi APEC CEO Summit 2013.

Bus yang bahan bakarnya disuplai oleh PT Pertamina (Persero) itu akan digunakan sebagai fasilitas transportasi peserta dan delegasi  4-8 Oktober 2013. Diungkapkan Wisnu Wardhana, Ketua APEC Business Advisory Council (ABAC), penggunaan 100 armada bus berbahan bakar biodiesel itu merupakan wujud komitmen dunia usaha dan pemerintah untuk menjaga keberlanjutan ekonomi dan peningkatan kesempatan kerja.

Ia menambahkan, dunia usaha dan pemerintah memiliki kolaborasi dalam menjaga keberlanjutan ekonomi dan kesempatan kerja. Penggunaan transportasi berbahan biodiesel dalam acara ini menjadi simbol dari tekad pemerintah dan dunia usaha untuk menuju mobil ramah lingkungan. “Gerakan ini akan membawa dampak pada pengurangan impor BBM,” papar Wisnu.

Lebih jauh diungkapkannya, penggunaan transportasi berbahan bakar biodiesel bisa menjadi titik balik turn around. Dengan gunakan bioenergi, ketergantungan terhadap BBM impor akan berkurang dan itu menyebabkan neraca perekonomian berjalan lebih baik. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan