Mobkom-Image-Pangkas Berat, Ford F-150 Pakai Konstruksi Aluminium

Pangkas Berat, Ford F-150 Pakai Konstruksi Aluminium

Mobkom-Image-Pangkas Berat, Ford F-150 Pakai Konstruksi Aluminium
Foto: Leftlane News

Ford F-150 terus berbenah diri. Tak heran, pelbagai ubahan pada varian kokoh tersebut selalu jadi perbincangan. Begitu pula dengan material bahannya. Berbagai macam bukti-bukti yang diketemukan mengarah ke sebuah kesimpulan bahwa Ford F-150 akan memakai konstruksi aluminium untuk mengurangi beratnya.

Banyak laporan yang beredar di internet selama setahun ini tentang pemakaian aluminium di all-new 2015 Ford F-150 yang bertujuan untuk mengurangi bobot. Namun, pabrikan menolak berkomentar tentang truk generasi barunya tersebut. Tetapi bagaimanapun, para produsen aluminium telah banyak sekali membocorkan berita tentang pikap yang kabarnya akan diluncurkan ke pasar tahun 2014 ini.

“Ini adalah sebuah kesempatan yang sangat ditunggu-tunggu untuk industri aluminium,” kata Lloyd O’Carrol, seorang analisis di Davenport & Co, seperti yang telah diberitakan oleh Bloomberg. Menurutnya, dirinya telah banyak berbicara kepada sejumlah nama-nama orang di industri ini, yang mengatakan mereka telah menerima panggilan dari Detroit setiap harinya tentang apa yang bisa mereka produksi, kapan mereka bisa memproduksinya, dan jenis perjanjian apa yang harus dibuat.

Ford menggarisbawahi sebuah laporan yang berkelanjutan di tahun 2007 untuk pengurangan berat kendaraan sampai dengan 750 pon. Akan sangat sulit untuk mengurangi berat tersebut jika diterapkan pada jenis mobil penumpang. Namun, untuk jenis pikap pergantian material tersebut dapat dilakukan. Land Rover misalnya, telah dapat mengurangi lebih dari 700 pon dari kendaraan Range Rovernya dengan menggunakan aluminium sebagai konstruksi.

Ford masih enggan berkomentar perihal ini, tetapi mereka mengatakan tetap berkomitmen untuk meningkatkan lini F-150. “Kita menaruh banyak sekali hal penting pada peningkatan–peningkatan secara berkala dan selalu memastikan  membawa solusi yang lebih baik kepada para pelanggan kita setiap tahunnya,” beber Doug Scott, Marketing Manager Ford Truck. Ford F-150 2015 sendiri rencananya akan mulai dipasarkan setahun mulai dari sekarang. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

 

Tinggalkan Balasan