Mobkom-Image-Fiat Siap Bidani Kebangkitan Alfa Romeo

Fiat Siap Bidani Kebangkitan Alfa Romeo

Berita Terkini Mancanegara
Mobkom-Image-Fiat Siap Bidani Kebangkitan Alfa Romeo
Foto: Leftlane News

Fiat, salah satu pabrikan ternama Italia, mengaku berkomitmen besar kepada masa depan Alfa Romeo, salah satu ikon otomotif yang paling historis dan romantis di dunia. Namun, kebangkitan varian itu ditunda dulu, hingga perserikatan Detroit, yang memegang kuasa kepemilikan dalam Chrysler, sepakat untuk menjual bagian mereka kepada Fiat.

Seperti dirilis Leftlane News, tindakan seperti itu akan membantu Fiat untuk mendanai kebangkitan Alfa Romeo. Sebagaimana diketahui, saat ini lini depan Alfa Romeo terdiri dari jajaran varian-varian hatchback kecil. Itu jelas tidak lekat dengan citra mereka yang sudah melegenda, atau rencana mereka untuk memasuki kembali pasar Amerika Serikat dengan kebijakan mobil-mobil baru yang akan dijual terbatas.

Kepala Fiat, Sergio Marchionne, berbagi kepemilikan dengan badan kesehatan United Auto Workers (UAW) atau yang lebih dikenal dengan nama VEBA, yang memegang beberapa saham di Chrysler. Fiat telah memliki kepemilikan dalam pabrikan Detroit sejak mereka membantu pemerintah Kanada dan Amerika Serikat.  Juga kepada VEBA, untuk memberikan talangan kepada Chrysler.

Tidak hanya dalam pendistribusian Chrysler di AS Fiat mempunyai akses. Kedua pabrikan otomotif tersebut juga telah berbagi teknologi dan platform. Hal ini seperti memperjelas Fiat juga mengincar dana dari Chrysler. Dalam hal ini, keinginan Fiat terlihat lebih murni, walaupun hal ini tidak mempengaruhi kewaspadaan UAW, bahwa pabrikan Italia tersebut akan mengincar dana simpanan Chrysler.

Dalam wawancaranya dengan Bloomberg, Professor Universitas Bocconi, Giuseppe Berta, yang merupakan mantan jajaran direksi Fiat, mengungkapkan  bahwa Marchione membutuhkan dana dari Chrysler jika dia ingin merilis kembali Alfa Romeo. “Pabrikan harus menginvestasikan milyaran Euro untuk sebuah merek. Sama seperti yang dilakukan VW terhadap Audi,” papar Berta. Seperti diketahui, VW mengambil alih Audi dari keterpurukannya selama satu dekade. Selama sembilan bulan pertama di 2013 VW menjual hampir sebanyak 1,2 juta Audi secara global. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 16

Tinggalkan Balasan