home Berita Terkini, Mancanegara BMW Listrik Siap Mengaspal di China

BMW Listrik Siap Mengaspal di China

Mobkom-Image-BMW Listrik Intip China
Foto; My BMW

China tampaknya jadi sasaran mobil-mobil dengan energi terbarukan. Bayerische Motoren Werke AG (BMW), produsen otomotif asal Jerman, akan menjual mobil kompak bertenaga listrik i3 di China mulai tahun depan.

Chief Production BMW Harald Rueger meyakini, BMW i3 bakal memimpin segmen mobil listrik. Varian itu sendiri ditargetkan sebagai kendaraan keluarga.

“Pasar mobil listrik di China amat meyakinkan. Ke depan negara ini akan menjelma seperti Amerika Serikat sebagai pasar mobil elektronik utama,” kata Krueger, di Beijing, China, pertengahan Oktober ini.

Ungkapan Krueger seakan menepis fakta bahwa pengembangan kendaraan elektrik di China tak mudah, lantaran terganjal isu biaya tinggi, minimnya stasiun pengisian ulang listrik, dan kekhawatiran lain. Pemerintah China pun tak kunjung mengeluarkan insentif khusus bagi konsumen individu yang berminat pada mobil ini.

Beredar kabar, Ketua Legend Holdings Ltd bakal menjadi pelanggan pertama i3 di China. Ia memesan kendaraan ini besutan BMW ini di Beijing. BMW i3 juga diluncurkan di London, Inggris, dan New York, Amerika Serikat. Pabrikan Jerman bermarkas di Munich ini menginvestasikan  USD 2,7 miliar untuk mobil listrik i3. Sayangnya, i3 bukanlah mobil murah. Kendaraan iini dibanderol 20 persen lebih mahal dibandingkan dengan varian BMW 3 Series.

BMW i3 dilengkapi empat kursi penumpang serta bodi berbahan serat karbon, sedangkan sasis terbuat dari alumunium.  Jarak tempuh mobil ini yang berkisar 160 kilometer dinilai cukup mumpuni untuk berkendara di kawasan perkotaan maupun pinggiran kota. Isi ulang setrum hanya memakan waktu sekitar 1 jam di stasiun pengisian dan 8 jam di rumah. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan