home Berita Terkini Yongkie D Sugiarto: Dengan LCGC, Indonesia Siap Jadi Basis Otomotif Dunia

Yongkie D Sugiarto: Dengan LCGC, Indonesia Siap Jadi Basis Otomotif Dunia

Mobkom-Image-Yongkie D Sugiarto: Dengan LCGC, Indonesia Siap Jadi Basis Otomotif Dunia
Foto; Dedi Sofyan

Yongkie D Sugiarto, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengatakan, kemunculan mobil murah dalam skema Low Cost and Green Car (LCGC) membuktikan kesiapan Indonesia menjadi salah satu negara basis produksi otomotif di dunia. Terlebih, dengan pencapaian penjualan pada 2012 lalu sebanyak lebih dari 1 juta unit kendaraan.

“Produksi mobil di Indonesia dapat mencapai 2 juta unit dalam 5 – 6 tahun ke depan. Itu merupakan pencapaian luar biasa bagi Indonesia sebagai negara berkembang yang terus tumbuh mengingat pada periode 5 tahun terakhir pertumbuhan pertumbuhan produksi mobil di Indonesia stabil di tingkat 25 persen,” kata Yongkie D Sugiarto, di sela-sela pembukaan ajang IIMS 2013.

Yongkie menambahkan, pada dasarnya pasar penjualan kendaraan di Indonesia mampu menembus 2 juta unit per-tahun dengan tingkat produksi mobil yang setiap tahun yang terus meningkat. Hanya saja, perlu upaya kerja keras agar mendukung sektor otomotif lebih berkembang, salah satunya seperti kebijakan insentif bagi pengembangan mobil murah.

“Sebagai entitas usaha, produk mobil murah ditargetkan mampu berkontribusi signifikan terhadap omzet penjualan mobil, yang diproyeksi pada 2013 mencapai 220 triliun dari target 1,1 juta unit kendaraan,” ujar Yongkie. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan