home Berita Terkini, Teknologi Volkswagen Siap Infiltrasi Pasar Mobil Listrik

Volkswagen Siap Infiltrasi Pasar Mobil Listrik

Mobkom-Image- VW e-Golf
Foto: Volkswagen AG

Pasar mobil listrik ternyata juga menggiurkan untuk Volkswagen AG. Pada 2014 nanti, mereka siap menginfiltrasi dengan meluncurkan hatchback VW e-Golf di Asia, Eropa dan Amerika Serikat. Kendaraan itu menjadi varian perdana yang mengawali peluncuran global barisan mobil listrik VW.

Diungkapkan Jonathan Browning, Kepala Eksekutif VW Amerika, kendaraan listrik nantinya akan memiliki segmen tersendiri, walau saat ini pasar otomotif masih dikuasai varian yang mengusung mesin konvensional. Untuk itu, mereka terus merancang konsep matang untuk varian listrik tersebut.

Melihat sekilas ke dalam varianHatchback VW e-Golf, varian ini digerakkan motor elektrik dengan baterai lithium-ion berkekuatan 24,2 kilowatt/jam. Tenaga yang dihasilkan mencapai 114 daya kuda atau 85 kilowatt dengan torsi 199 lb/feet. Akselerasinya cukup bisa diperhitungkan. Dalam waktu 10 detik, varian ini bisa melesat dari 0-100 kilometer per jam. Baterai varian ini berjenis lithium-ion. Jika sumber tenaga itu diisi penuh selama setengah jam, VW e-Golf mampu menempuh jarak 190 kilometer.

Hingga kini, VW belum mengumumkan harga jualnya. Mobil listrik lain yang disiapkan VW adalah Audi A3 e-Tron Plug-in Hybrid dan Porsche Panamera S E-Hybrid. Namun, kendaraan listrik bukan dagangan utama VW. Pasalnya, kendaraan konvensional bermesin bensin atau diesel masih diminati dan mendominasi penjualan. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan