home Berita Terkini Uji Tabrak, Xenia Raih Bintang Empat

Uji Tabrak, Xenia Raih Bintang Empat

Mobkom-Image-Uji Tabrak, Xenia Raih Bintang Empat
Foto: Paultan

ASEAN New Car Assessment Programme (ASEAN NCAP) untuk kedua kalinya melakukan uji tabrak, yang dilakukan untuk 11 mobil berpangsa pasar gemuk di Asia Tenggara. Berdasarkan hasil yang dirilis Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS), Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia memperoleh hasil cukup baik.

Seperti dirilis Paultan, awal bulan ini, dua varian tersebut diganjar bintang empat dari perolehan maksimum lima bintang. Hasil itu secara tidak langsung menempatkan dua varian tersebut sejajar dengan Suzuki Swift, Mazda2, Mitsubishi Mirage dan Pajero Sport.

Metode uji tabraknya hampir sama dengan yang dilakukan tahun lalu. Varian-varian tersebut ditabrakkan ke dinding pada 64 kpj, di sebuah lab uji bernama MIROS PC3 yang berlokasi di Malaka. Untuk uji ini, kendaraan minimal harus memiliki dua kantung udara, peranti Electronic Stability Control (ESC) dan pengingat penggunaan sabuk pengaman.

Diungkapkan Wong Shaw Voon, Direktur MIROS dan Steering Comitee ASEAN NCAP, di masa datang uji tabrakan dari samping juga akan dilakukan, untuk menilai struktur kekuatan mobil  di bagian samping. Ia menambahkan, hal tersebut adalah kabar baik untuk konsumen di ASEAN dalam hal memilih kendaraan yang aman. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan