home Berita Terkini, Mancanegara Mobil Hidrogen Siap Dirilis Toyota

Mobil Hidrogen Siap Dirilis Toyota

Mobkom-Image- Toyota FCV-R Concept
Foto: Autoevolution

Toyota berkabar lagi. Rencananya, mereka akan merilis mobil hidrogen perdana mereka pada 2015. Untuk proyek ini, Toyota FCV-R Concept bakal menjadi acuan menuju pengembangan sedan empat pintu saat masuk jalur produksi.

Seperti dirilis Autoevolution, saat ini, teknologi Fuel Cell Hybrid Vehicle (FCHV) memang dianggap tepat diterapkan. Pasalnya, sistem tersebut menawarkan solusi terbaik untuk tantangan emisi dan sumber energi. Nantinya, mobil hidrogen tidak butuh bahan bakar minyak, tidak memuntahkan NOx,  dan hanya mengeluarkan emisi berupa air.

Sejatinya, Toyota membenamkan teknologi Hybrid Synergy Drive ke FCV-R, dengan mengganti mesin bensin dengan fuel cell. Tangki bensin pun mengalami perubahan menjadi tangki hidrogen dengan tekanan tinggi. Kendaraan hidrogen pun mempunyai komponen-komponen kelistrikan yang sama dengan kendaraan hibrid, serta baterai 21 kW untuk menyimpan energy saat pengereman.

Rencananya, Varian hidrogen tersebut akan dilepas untuk pasar Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang. Saat ini pengembangan dan produksi model ini difokuskan pada pemangkasan biaya, daya tahan dan kehandalan. FCV-R pertama kali dipamerkan di Tokyo Motor Show 2011. Mobil ini diklaim dapat menjelajah lebih dari 480 km. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan