home Berita Terkini SNI untuk Mobil Listrik Disiapkan

SNI untuk Mobil Listrik Disiapkan

Mobkom-Image-SNI untuk Mobil Listrik Disiapkan
Foto: Dedi Sofyan

Mengiringi kesuksesan lahirnya mobil dan bus listrik besutan LIPI, Badan Nasional Standarisasi (BSN) sedang serius meramu Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk kendaraan jenis tersebut. Pasalnya, mobil listrik nantinya memang akan jadi prioritas, karena ramah lingkungan dan memiliki peluang untuk diproduksi secara massal.

Diungkapkan Kepala BSN, Bambang Presetya, pada acara Ristek Bike Tour 2013, akhir pekan kemarin, inovasi anak bangsa perlu didukung oleh tersedianya standar yang dapat menjadi acuan jaminan kualitas dan keamanan produk. Begitu pula inovasi di bidang otomotif. Bila tidak ada dukungan standar yang jelas, bisa dipastikan inovasi tersebut kurang bernilai.

Bambang menambahkan, produk otomotif pasti membutuhkan jaminan kualitas. Inovasi tanpa didukung standar akan membuat masyarakat tidak percaya. Karenanya, label standarisasi memang amat penting sebelum sebuah produk masuk ke pasar. “Dan yang memberi standarisasi juga harus terakreditasi,” paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, LIPI memang tak main-main dengan inovasi teknologi inovatif dengan energi terbarukan. Buktinya, akhir bulan lalu, di Gedung Graha Widya Bhakti, Puspiptek, Serpong, Tangerang, mereka melakukan soft launching dua varian kendaraan bertenaga listrik, yakni bus dan sedan. Kendaraan listrik itu diberi nama Hevina yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

 

Tinggalkan Balasan