home Berita Terkini, Bus & Truk Quester, Optimisme Baru untuk UD Trucks

Quester, Optimisme Baru untuk UD Trucks

(Wawancara khusus Antonius Sulistyo dengan Pierre-Jean Verge Salomon)

Mobkom-Image-Quester, Optimisme Baru untuk UD Trucks
Foto: Antonius Sulistyo

Beberapa saat lalu, bertempat di SoiSukhumvit, Bangna, Bangkok-Thailand, digelar peluncuran Quester, yang didedikasikan sebagai varian dengan kasta tertinggi kategori  lima dari UD Trucks.

Pada kesempatan itu pula, Antonius Sulistyo, Pemimpin Redaksi MobilKomersial.com berkesempatan melakukan wawancara khusus dengan Pierre-Jean Verge Salomon, Managing Director UD Trucks.

Berikut petikan wawancaranya;

Apa yang melatarbelakangi peluncuran Quester ini?

Quester merupakan refleksi perjalanan enam tahun UD Trucks untuk menghadirkan serangkaian jenis truk dan layanan yang memang diciptakan untuk memenuhi aneka permintaan. Produk ini kami buat untuk mengakomodir pasar yang terus berkembang. Dengan peluncuran ini, , UD Trucks akan menjadi merek Jepang pertama yang menawarkan serangkaian varian yang dikembangkan khusus, agar sesuai dengan kebutuhan konsumen Asia dan pasar berkembang lainnya, serta menggunakan satu platform yang sama dengan harga yang terjangkau.

Lalu, apa saja kelabihan Quster dibanding truk lain?

Yang utama, Quester memiliki beragam aplikasi, termasuk di bidang konstruksi dan pertambangan, sehingga mampu memenuhi semua kebutuhan yang sering ditemukan dalam pasar berkembang. Kami memiliki ambisi  untuk menentukan sebuah standar baru yang memadukan hal tiga hal terbaik yang dimiliki perusahaan, yakni; warisan keterampilan dan layanan pelanggan Jepang milik UD, Teknologi global milik Volvo dan Efisiensi biaya melalui proses produksi dan penggunaan sumber daya lokal.

Bila ditinjau dari sisi teknis, apa kelebihan produk ini?

Dari sisi mesin, dua mesin alternatif Quester dirancang dengan efisiensi bahan bakar yang telah terbukti dan memiliki performa prima untuk berbagai penggunaan. Mesin diesel 8 liter (GH8E) memberikan performa istimewa dan ideal untuk segmen distribusi dan konstruksi. Sedangkan mesin 11 liter (GH11E) menggunakan sumber daya teknologi global Volvo Group yang dikombinasikan dengan kualitas manufaktur Jepang.

Quester juga Quester menawarkan posisi gardan yang ideal dan tersedia dalam tujuh konfigurasi yang berbeda, yakni konfigurasi 4×2R/T, 6×2R/T, 6×4R/T dan 8×4R untuk penggunaan di segmen distribusi dan jarak jauh, serta 6×4R/T dan 8×4R untuk penggunaan di segmen konstruksi dan pertambangan.

Bagaimana optimisme Anda terhadap Quster setelah masuk pasar nanti?

UD Truck telah berdiri tahun 1976 dan membuka pabrikan di Bangkok tahun 2000. Selama itu pula kami telah berencana, menyisihkan banyak sekali waktu dan finansial untuk membangun truk ini. Karenanya, kami pasti punya rencana untuk sukses di pemasaran. Segalanya sudah kita pertimbangkan dengan baik.

Bisa tahu caranya?

Kalau soal strategi, kita tentu tak bisa merinci dengan detil. Pasti semua pabrikan akan mengatakan hal yang sama. Namun secara umum dapat dikatakan bahwa kami optimis karena Quester memiliki jangkauan pasar yang cukup luas. Truk ini bisa digunakan untuk industri pertambangan, agribisnis, dan beragam lapangan usaha lain. Jadi, intinya kami yakin truk ini bisa menjawab permintaan pasar.

Seperti diketahui, pasar UD Trucks cukup baik di tahun 2012. Kami memperoleh penjualan 19 ribu unit di Jepang dan 4 ribu unit di Indonesia. Quester sendiri hanya diproduksi di Bangna, Thailand, dengan kapasitas produksi 20 ribu unit per-tahun, untuk pasar Asia Tenggara dan di luar Asia Tenggara.

Soal kompetitor bagaimana?

Soal itu kami juga yakin, khususnya di Indonesia. Kita hanya punya satu kompetitor. Queter sendiri diciptakan jauh lebih bagus dari truk-truk yang telah ada di Indonesia, baik dari sisi fitur atau kegunaan. Selain itu harga jual kita juga cukup kompetitif. Bagi kami, Indonesia merupakan pasar ke-dua terbesar setelah Jepang.Karenanya, kita juga sudah menyiapkan 37 diler di Indonesia.

Mengenai pabrikan, kapan akan didirikan di Indonesia?

Indonesia memang merupakan pasar yang baik. Mengenai pabrikan di sana, juga sebenarnya menjadi rencana kami. Tapi kami tak bisa menjawab itu sekarang. Masih banyak perkembangan yang harus dipikirkan.

Terakhir, mengenai truk keluaran UD Trucks yang sudah eksis di Indonesia, bagaimana?

Untuk truk yang sudah ada, tentu masih kami melakukan penjualan dan layanan pasca penjualan juga tetap kami berikan dengan baik. Namun, truk-truk tersebut tidak kami produksi lagi, karena Quester merupakan era baru di penjualan kami. (*)

Catatan Perjalanan Antonius Sulistyo

Tinggalkan Balasan