home Berita Terkini Pemprov DKI akan Optimalkan Bus BBG

Pemprov DKI akan Optimalkan Bus BBG

Mobkom-Image-Pemvrov DKI akan Optimalkan Bus BBG
Foto: Dedi Sofyan

Komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk merealisasikan konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) pada sarana transportasi kian nyata.

Hal tersebut ditunjukkan dengan akan dioptimalkannya kembali pemanfaatan gas untuk 1.000 armada Transjakarta, dari yang saat ini hanya  digunakan pada 450 unit armada tersebut. Sedangkan untuk bus sedang dan Metromini,  akan dioptimalkan untuk 3.000 armada.

Wacana itu diungkapkan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi, saat menghadiri Penandatanganan Perjanjian Jual Beli Gas Pertamina di SPBG Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (6/9) sore. Pada acara tersebut, Jokowi didampingi Menteri ESDM Jero Wacik, Dirut Pertamina Karen Agustiawan dan Dirjen Migas Edy Hermantoro.

Menurut Jokowi, pemakaian BBG jelas akan lebih menguntungkan semua pihak, baik pemilik armada, pengemudi sampai dengan masyarakat sebagai pengguna jasa angkutan umum. “Pakai BBG itu lebih murah. Saya yakin dengan optimalisasi BBG ini, pasti menguntungkan semua pihak,” papar Jokowi.

Selain bus, armada lain yang bakal mendapat sentuhan optimalisasi BBG adalah Bajaj dan kendaraan dinas Pemprov DKI. Untuk Bajaj, akan disediakan 3.000 Bajaj baru berbahan bakar gas di tahun depan. Sedangkan untuk mobil dinas Pemprov DKI, akan digunakan converter kit. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan