Mobkom-Image-Pasar LCGC Indonesia Diprediksi Lewati China

Pasar LCGC Indonesia Diprediksi Lewati China

Berita Terkini
Mobkom-Image-Pasar LCGC Indonesia Diprediksi Lewati China
Foto: Istimewa

Pasar LCGC alias mobil murah ramah lingkungan di Indonesia menampakkan indikasi positif. Seperti dipaparkan IHS Automotive, segmen pasar mobil tersebut bahkan mampu berkembang lebih cepat dibanding China dalam tujuh tahun ke depan. Hal ini seiring dengan posisi Indonesia yang memiliki pertumbuhan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Diungkapkan Presiden Daihatsu, Masanori Mitsui, penjualan mobil hijau berbiaya rendah bisa mencapai lebih dari 35 persen dari 1,8 juta kendaraan penumpang pada akhir dekade. Daihatsu dan Toyota saat ini menguasai setengah dari pasar Indonesia. Daihatsu Ayla dan Toyota Agya ditetapkan menjadi produk pertama yang akan mendapatkan keuntungan dari program ini.

Berdasarkan data Bloomberg, penjualan mobil di Indonesia menyumbang 22 persen dari pendapatan Daihatsu pada siklus tahunan yang berakhir Maret lalu. Malaysia menempati urutan ke-dua dengan 11 persen. Sedangkan pasar dalam negeri Jepang memberikan kontribusi 66 persen.

“Daihatsu akan terus bekerja sama dengan Toyota ketika mencoba untuk memasuki pasar negara berkembang lainnya. Negara Asia Tenggara selain Indonesia dan Malaysia akan menjadi pasar sasaran berikutnya. Kami juga menerima permintaan di Afrika Selatan dan Brasil,” papar Mitsui. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 15

Tinggalkan Balasan