home Berita Terkini Mobil Listrik Kembali Diluncurkan ITS

Mobil Listrik Kembali Diluncurkan ITS

Mobkom-Image-Mobil Listrik Kembali Diluncurkan ITS
Foto: Istimewa

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tak mau putus asa. Mereka kembali meluncurkan mobil tenaga listriknya yang kedua. Mobil yang diberi nama EC-ITS II  ini lebih istimewa dari yang pertama. Varian ini juga siap dipamerkan di APEC yang dihelat di Bali Oktober mendatang.

Menurut Rektor ITS Tri Yogi Yuwono, mereka kecewa dengan kebijakan mobil murah, karena hal itu akan mematikan mobil nasional dan mobil nasional akan semakin jauh dari cita-cita. ”Kalau semua impor, kapan kita bisa membuktikan,” katanya.

Ia menambahkan, ITS sudah siap untuk mendukung mobil nasional dengan 90 persen komponen dalam negeri. “Mobil listrik EC-ITS II warna merah yang melengkapi mobil listrik EC-ITS I yang masih sedang perbaikan pasca-terbakar membuktikan kesiapan ITS untuk tugas mobil nasional itu, tapi semuanya bergantung goodwill pemerintah,” lanjutnya.

Sedangkan Nur Yuniarto, Dosen Pembimbing Tim Mobil Listrik ITS, mengungkapkan varian ini memakai mesin motor 60 kw. Jadi, tenaganya lebih besar. Energinya seratus persen menggunakan listrik dengan piranti baterai berdaya 20 kwh. “Kecepatan maksimum bisa menembus 150km/jam,” bangga Nur Yuniarto.

Untuk pengisian daya, lanjut Nur, mobil yang perakitannya membutuhkan dana Rp 400 jutaan ini membutuhkan waktu 9 hingga 10 jam dengan daya listrik sebesar 5 A/220 Volt. Sekali charge adalah 9-10 jam dan bisa digunakan untuk 150 km.

Untuk masalah keamanan, agar peristiwa terbakarnya mobil listrik pertama besutan ITS tidak terulang, perancangan generasi kedua ini dilakukan dengan hati-hati. Misalnya saja, baterai dipasang di bawah jok. Tidak terlihat sama sekali. Pendistribusian energinya juga bisa lebih merata. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan