home Berita Terkini Meriah, Perang LCGC di IIMS 2013

Meriah, Perang LCGC di IIMS 2013

Mobkom-Image-Meriah, Perang LCGC di IIMS 2013
Foto: Istimewa

Gaung Low Cost Green Car (LCGC) terus membahana sejak digagas dan resmi diluncurkan pemerintah. Tak heran, mobil-mobil mungil yang termasuk dalam program Mobil Murah Ramah Lingkungan itu bakal menjadi salah satu menu favorit di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013.

Secara aturan, posisi LCGC pun telah diatur pemerintah dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2013 Pasal 3 ayat (1) c dan diperkuat petujuk teknis yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian No 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.

Kabar baiknya, beberapa pabrikan juga telah positif menyatakan ikut serta dalam program ini. Sebut saja Daihatsu, Toyota, dan Honda, yang bahkan telah meluncurkan produksi mobil murah jagoan mereka yang telah diperkenalkan sejak beberapa waktu lalu; Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan Honda New Brio.

Sedangkan pabrikan mobil lainnya seperti Suzuki dan Nissan yang juga telah positif menyatakan untuk turut serta dalam program LCGC, saat ini hanya tinggal menunggu waktu saja sebelum dapat menyusul Daihatsu, Toyota dan Honda menuju proses produksi mobil murah andalan mereka.

Sebagaimana diketahui, masing-masing merek tersebut sebenarnya telah memiliki jagoannya sendiri untuk melawan Ayla, Agya dan New Brio. Suzuki memiliki mobil mungil dengan basis Wagon R yang beberapa kali ketahuan sedang melakukan uji jalan dan Nissan memiliki mobil legendaris mereka, Datsun, yang siap diperkenalkan secara resmi.

Melihat kesiapan masing-masing produsen tersebut, sepertinya perang promo mobil murah akan sangat mungkin dapat disaksikan pada ajang pameran mobil terbesar di Indonesia (IIMS) yang akan diselenggarakan tanggal 19 – 29 September 2013 mendatang.

Terlebih, ajang IIMS 2013 kali ini mengusung tema yang cukup pas dengan hadirnya mobil-mobil LCGC, khususnya dari sisi ‘Green Car’ yang melekat, yaitu ‘Smart Vehicle Mobility’, dimana mobil yang ‘smart’, selain dilengkapi dengan fitur terkini dan canggih, pastinya juga akan cukup ‘pintar’ terhadap lingkungan. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan