home Berita Terkini, Mancanegara Mazda Uji Komunikasi Bus dan Kendaraan Pribadi

Mazda Uji Komunikasi Bus dan Kendaraan Pribadi

Mobkom-Image-Mazda Uji Coba Komunikasi Bus dan Kendaraan Pribadi
Foto: Mazda Corp

Kemajuan di dunia otomotif kian mengemuka. Baru-baru ini, Mazda Motor Corporation (MMC) mengumumkan uji coba sistem keamanan masa depan, dimana bus angkutan umum dan mobil pribadi bisa saling melakukan komunikasi satu dengan lainnya di jalan untuk menghindari resiko kecelakaan.

Kendaraan yang digunakan untuk pengujian tersebut adalah Mazda Atenza. Varian itu dipakai untuk mengetes sistem bantuan keselamatan atau keamanan mengemudi. Sistem yang dimaksud diberi nama intelligent transport system (ITS). Pengujian dilakukan melalui kerjasama dengan lembaga industri, akademi dan pemerintah di kota Hiroshima.

Uji coba diarahkan untuk memverifikasi kemampuan sistem mencegah tabrakan dan membantu pengemudi dalam menjalankan kendaraan dengan mulus dan aman. Hiroshima Reseach Unit menjadi pengembang dan penguji sistem ini, dengan sponsori Hiroshisma ITS Public Road Test Concortium.

Berdasarkan catatan, di Hiroshima bus umum digunakan 150.000 orang setiap hari dan menjadi bagian sistem transportasi publik penting di kota tersebut. Sistem keamanan baru tersebut memungkinkan  bus umum dan mobil pribadi saling berkomunikasi karena dilengkapi dengan sensor otonomos. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan