home Berita Terkini, Bus & Truk MAN Bertekad Utamakan Efisiensi

MAN Bertekad Utamakan Efisiensi

Mobkom-Image-MAN Bertekad Utamakan Efisiensi
Foto: Dedi Sofyan

Setelah lebih dari tiga tahun keberadaannya di Indonesia, PT Duta Putera Sumatera (PT DPS) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) truk MAN, melengkapi produknya dengan meluncurkan sasis Bus MAN tipe R37, yang merupakan bus 3-axle pertama di Indonesia, City Bus Man tipe A69, Fire Truck TGM 4×2, serta truk CLA 4×2 tractor head, pada International Motor Show (IIMS) 2013.

Diungkapkan Nugroho Tjandrakusuma, Presiden Direktur PT Duta Putera Sumatra, MAN dengan misinya ‘Consistently Efficient’, bertekad untuk menciptakan kendaraan yang efisien dalam penggunaan maupun perawatannya.

“Pengertian umum mengenai efisiensi dalam dunia otomotif adalah hemat bahan bakar. Namun, MAN mengartikan dalam lingkup yang lebih luas. Mesin-mesin MAN diciptakan untuk menghasilkan torsi yang besar, walaupun dengan kapasitas cc kecil dibanding kompetitornya,” papar Nugroho.

Ditambahkan Nugroho, penggunaan Engine Valve Brake dan Antilock Brake System, selain meningkatkan keamanan berkendara, juga membantu memperpanjang pergantian jadwal penggantian kanvas rem.

Adanya ruangan kabin yang nyaman dan dilengkapi dengan pendingin udara, tentunya akan meningkatkan kenyamanan pengendara. Berdasarkan riset yang diadakan MAN di Eropa, pengemudi yang nyaman, tentu akan lebih waspada, dan mampu menggunakan bahan bakar dengan lebih hemat.

“Untuk city bus MAN yang kita hadirkan di sini, bekerjasama dengan karoseri Nusantara Gemilang, menggunakan full aluminium body. Penggunaan bahan aluminium ini memberikan masa penggunaan yang jauh lebih panjang. Juga penghematan bahan bakar karena bobot yang ringan,” jelas Nugroho. (ATN/DD)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan