home Berita Terkini, Teknologi ITS Kembali Berlaga di World Solar Challenge

ITS Kembali Berlaga di World Solar Challenge

Mobkom-Image-ITS Kembali Berlaga di World Solar Challenge
Foto: Istimewa

Ajang World Solar Challenge 2013 kembali dihelat Federasi Motorsport Australia. Yang membenggakan, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), sebagai satu-satunya wakil Indonesia, kembali berlaga di ajang balap tersebut.

Diungkapkan Siti Choirun Nisa, anggota tim Solar Car Racing Team ITS, melalui rilisnya, World Solar Challange adalah kompetisi dua tahunan untuk mobil balap bertenaga surya yang mencakup 3.021 kilometer (1.877 mil) melalui rute pedalaman Australia. Perlombaan ini diikuti banyak tim dari berbagai negara, baik dari universitas atau perusahaan.

Nur Yuniarto selaku dosen pembimbing, turut mendampingi Tim Solar Car Racing . Menurutnya, ajang ini bertujuan mempromosikan penelitian mobil bertenaga surya. Pada 2005, ada 22 tim dari 11 negara yang masuk kategori lomba utama. “Tahun ini, timnya harus bersaing dengan 42 tim dari 24 negara yang akan berlaga di Bridgestone World Solar Challange. Tim optimistis memenangkan perlombaan ini,” papar Nur Yuniarto.

Ditambahkan Yuniarto, keseimbangan efisiensi dan konsumsi daya menjadi penilaian penting dalam lomba. Balapan berlangsung malam hari karena saat siang hari dimanfaatkan untuk pengisian baterei lewat kekuatan sinar matahari. “Untuk menangkap sebanyak mungkin energi surya, panel surya diarahkan tegak lurus terhadap sinar matahari agar dapat menyerap sinar maksimal,” ungkapnya. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan