home Berita Terkini, Teknologi Mercedes Benz Sepakati Standar Pengisian Ponsel Nirkabel

Mercedes Benz Sepakati Standar Pengisian Ponsel Nirkabel

Mobkom-Image-Mercedes Benz Sepakati Standar Pengisian Ponsel Nirkabel
Foto : Inautonews

Mercedes Benz telah mencapai kesepakatan dengan produsen kendaraan lain yang tergabung dalam Consumer Electronics for Automotive Association (CE4A), untuk standar ‘wireless charging smartphone and tablet’ atau pengisian perangkat seluler nirkabel di dalam kendaraan.

Seperti dirilis Inautonews, dalam kesepakatan tersebut, diperkenalkan istilah ‘Q’ yang akan diluncurkan tahun 2014. Istilah ‘Qi’ adalah singkatan standar di seluruh dunia yang ditetapkan oleh Wireless Power Consortium (WPC) untuk pengisian nirkabel telepon pintar dan tablet, berdasarkan prinsip fisik induksi elektromagnetik.

Dalam prosesnya, untuk keperluan pengisian nirkabel telepon pintar atau tablet, ‘Qi’ amat kompatibel. Aplikasi ini hanya membutuhkan tempat di sekitar stasiun pengisian ‘Qi’, misalnya di dashboard atau laci mobil, kemudian pengisian dimulai secara otomatis. Ketika baterai sudah penuh atau perangkat diangkat dari tempat tersebut, proses pengisian dihentikan secara otomatis.

Setelah analisis yang komprehensif dari pelbagai pilihan pengisian, CE4A amat mendukung ‘Qi’ sebagai standar pengisian nirkabel di seluruh dunia pada mobil penumpang. CE4A adalah asosiasi produsen mobil, yang bertujuan untuk mempromosikan standar untuk integrasi telepon pintar dan tablet di kendaraan. Daimler sendiri adalah anggota pendiri CE4A dan merupakan salah satu dari delapan kelompok ahli. (DD)

Editor: Anton Ryadie

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan