home Berita Terkini Hankook Luaskan Pilihan Varian Ban

Hankook Luaskan Pilihan Varian Ban

Mobkom-Image-Hankook Luaskan Pilihan Varian Ban
Foto: Hankook Tire Indonesia

Varian ban merek Hankook kian luas. Hal ini terkait dengan dioperasikannya pabrik PT Hankook Tire Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, awal pekan ini. Jenis ban yang diproduksi bukan hanya untuk truk, tapi juga bagi sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehicle (MPV).

Untuk kendaraan premium dan mobil sport tersedia seri Ventus ME01, Optimo ME02 untuk sedan dan MPV, Kinergy EX khusus bagi MPV, serta Dynapro untuk truk ringan.

Diungkapkan Vice Chariman & CEO Hankook Tire Co Ltd, Sung Hwa Suh, Hankook menerapkan skema harga jual yang sama untuk ban ekspor buatan Indonesia maupun Korea. Namun, bagi penjualan domestik harganya akan disusun lebih lanjut, merujuk kepada kompetisi pasar industri ban yang ada.

Ia menambahkan, untuk empat tahap investasi disediakan modal USD 1,1 miliar. Jika penjualan domestik bisa berjalan baik, semua bisa terealisasi. “Realisasi penuhnya nanti pada 2018 atau 2019. Volume produksi sekarang 16 ribu unit per hari. Tahun ini belum bisa full kapasitas,” ujar Hwa Suh.

Saat ditanya mengenai total kapasitas produksi, Hwa Suh menjawab pihaknya mematok 6 juta unit selama setahun, mulai 2014. Untuk tahun ini, karena pabrik belum berproduksi penuh, hanya diproyeksikan 4,3 juta unit. Untuk fase pertama, nilai investasi yang dikucurkan Hankook sebesar USD353 juta. Pembangunan tahap awal menghabiskan lahan seluas 60 hektar untuk empat fasilitas utama.

“Pabrik Hankook Tire di Cikarang ini merupakan basis ekspor untuk kawasan Asean, Amerika Utara dan Timur Tengah. Sekitar 70 persen dari total produksi dijual ke luar negeri dan 30 persen lainnya ke domestik,” jelas Hwa Suh. Untuk pasar Asean, lanjut Suh, pihaknya menargetkan penjualan 5 juta unit plus 5 persen pangsa pasar selama 5 tahun ke depan. Khusus di Indonesia, perusahaan mematok penguasaan market sebesar 10 persen. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan