home Berita Terkini, Transportasi Halte Transjakarta Gunakan Tenaga Surya

Halte Transjakarta Gunakan Tenaga Surya

Mobkom-Image-Halte Transjakarta Gunakan Tenaga Surya
Foto: Dedi Sofyan

Beragam inovasi terus ditelurkan Unit Pengelola Transjakarta Busway. Contohnya adalah penggunaan halte tenaga surya. Mulai pekan ini, halte Transjakarta Polda Metro Jaya merupakan halte pertama yang memiliki teknologi hemat energi.

Untuk operasional pencahayaan, halte ini menggunakan tenaga matahari. Dengan sistem solarize tersebut, tenaga listrik yang mampu dihemat sebesar 85 persen. Rencananya, bila pemakaian tenaga matahari di halte Transjakarta Polda Metro Jaya berjalan baik, sistem ini akan diterapkan di seluruh halte Transjakarta.

Diungkapkan Bernadus Djonoputro, Managing Director PT Eco Energi Persada (EEP), aplikasi itu merupakan wujud dari corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan mereka. Aplikasi tersebut memang dapat mengurangi pemakaian listrik secara signifikan. Karenanya, sistem ini sebenarnya cocok digunakan di semua bidang keperluan, bukan hanya untuk sarana transportasi.

“Aplikasi ini sangat bisa dan memang dianjurkan untuk digunakan di semua lini usaha dan kebutuhan masyarakat. Ke depan, nantinya energi terbarukan seperti ini yang paling rasional untuk digunakan,” paparnya.

Hal tersebut diamini Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Menurutnya, aplikasi tenaga surya ini nantinya akan diterapkan ke beberapa lokasi, seperti terminal, pasar atau stasiun. Mengenai evaluasi penerapan, Joko Widodo mengungkapkan dua bulan ke depan pihaknya akan melakukan evaluasi soal kekurangan maupun kendala perangkat ini. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan