home Berita Terkini, Mancanegara Frankfurt Motor Show, Asa Ranah Otomotif Eropa

Frankfurt Motor Show, Asa Ranah Otomotif Eropa

Mobkom-Image-Frankfurt Motor Show, Asa Ranah Otomotif Eropa
Foto: Istimewa

Pelaksanaan Frankfurt Motor Show atau Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) tinggal menghitung hari. Tepat pada Kamis (12/9) nanti, pameran otomotif akbar tersebut dibuka. Sejatinya, pameran ini diadakan untuk merangsang sektor otomotif yang menunjukkan tanda-tanda kepulihan di Eropa belakangan ini.

Pameran tersebut diadakan di Frankfurt setiap dua tahun sekali, sebagai ajang alternatif bagi Paris Motor Show. Kancah ini juga menjadi secercah asa bagi bangkitnya dunia otomotif di Eropa. Pasalnya, setelah bertahun-tahun mengalami kemunduran, penjualan otomotif di Benua Biru itu telah stabil kembali dan diprediksi meningkat lagi tahun depan.

Data baru keluaran Uni Eropa pun menyebut adanya peningkatan dalam pendaftaran mobil baru akhir semester tahun ini. Pada kurun tujuh bulan terakhir sampai Juli lalu, sebanyak 7,19 juta kendaraan baru telah didaftarkan di Eropa.

Menurut Stefan Bratzel, Direktur Pusat Manajemen Otomotif pada Universitas Ilmu Terapan di Bergisch-Gladbach, stabilnya penjualan otomotif di Eropa adalah tanda positif. Namun demikian, proses menuju pemulihan akan berjalan lamban.

Di antara sikap optimistis, ada pula kalangan otomotif yang kurang yakin dengan kondisi otomotif di Eropa. Contohnya Allan Mulally, sang bos Ford. Ia bahkan berpendapat sektor otomotif di Eropa sedang berada di titik nadir.

Karenanya, ajang Frankfurt Motor Show bisa dibilang sebagai pemicu baru semangat dunia otomotif di Eropa. Di pameran tersebut, para pembuat mobil, terutama dari Jerman, akan mengenalkan mobil listrik dan mobil hibrida. Salah satunya BMW yang akan memamerkan mobil listrik i3, dan mobil sport hibrida i8. Berdasarkan data, pameran akan diikuti 1.000 peserta dan dibuka Kanselir Angela Merkel, sepuluh hari sebelum Pemilu Jerman digelar. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan