home Berita Terkini Studi JD Power, Ford Paling Puaskan Pelanggan Indonesia

Studi JD Power, Ford Paling Puaskan Pelanggan Indonesia

Mobkom-Image-Studi JD Power,Ford Paling Puaskan Pelanggan Indonesia
Foto: Istimewa

JD Power Asia Pasifik kembali melakukan studi mengenai kepuasan pelanggan terhadap layanan purnajual otomotif. Studi ini dilakukan terhadap 12 merek mobil di Indonesia. Hasilnya, Ford meraih peringkat pertama dengan 772 poin.

Menurut rilis yang diterbitkan JD Power, kinerja Ford cukup memuaskan, khususnya dalam waktu dimulainya servis, fasilitas servis, penjemputan kendaraan dan kualitas servis. Peringkat selanjutnya di bawah Ford adalah Isuzu, yang meraih 764 poin. Isuzu dinilai berkinerja baik, terutama dalam hal kualitas layanan montir dan pengambilan kendaraan.

Studi JD Power Asia ini disusun berdasarkan respon dari 3.432 pemilik kendaraan yang menerima kendaraan baru, serta melakukan servis kendaraannya ke pusat layanan servis resmi antara Agustus 2012 dan Mei 2013. Studi ini diadakan dalam rentang waktu antara Februari dan Mei 2013.

Studi yang telah memasuki tahun yang ke-13 ini mengukur kepuasan pemilik kendaraan yang mengunjungi pusat layanan resmi untuk melakukan perawatan atau perbaikan dalam kurun waktu 12-24 bulan pertama setelah pembelian mobil.

Studi ini menguji lima faktor yang menentukan tingkat kepuasan terhadap layanan dealer secara keseluruhan (sesuai dengan tingkat kepentingannya): kualitas servis, waktu untuk memulai pengerjaan servis, fasilitas servis, pengambilan kendaraan, dan layanan montir. Kinerja layanan jaringan dealer dilaporkan dalam skor indeks berbasis skala 1000 poin, dimana semakin tinggi skornya berarti semakin tinggi pula kepuasan pelanggan.

Secara keseluruhan tingkat kepuasan pelanggan di Indonesia di tahun 2013 mencapai rata-rata 755 poin, terjadi kenaikan 15 poin dibanding tahun 2012. Di seluruh industri, kepuasan tampak meningkat dari tahun ke tahun di semua faktor, terutama dalam hal waktu untuk memulai pengerjaan servis (+18 poin) dan layanan montir (+15 poin). Skor kepuasan di semua perusahaan yang mengikuti survei ini juga meningkat dibanding tahun 2012. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan