home Berita Terkini, Teknologi Daimler Optimistis Luncurkan Mobil Kemudi Otomatis

Daimler Optimistis Luncurkan Mobil Kemudi Otomatis

Mobkom-Image-Daimler Optimistis Luncurkan Mobil Kemudi Otomatis
Foto: Istimewa

Varian-varian mobil berteknologi tinggi terus ditelurkan pabrikan otomotif. Tak ketinggalan Daimler AG, produsen mobil asal Jerman. Rencananya, pada 2010 mereka optimistis akan melepas mobil kemudi otomatis atau self driving car ke pasaran.

Seperti dirilis Reuters, langkah tersebut diambil Daimler guna mengembalikan posisi pabrikan tersebut sebagai produsen mobil-mobil hebat. Diungkapkan Daimler Head of Development, Thomas Weber, mereka ingin menjadi yang pertama sebagai penukang mobil otomatis tersebut. Mereka juga yakin dapat menyelesaikan proyek itu pada dekade ini.

“Nantinya, sistem kemudi otomatis ini dapat mengendalikan keadaan dengan refleks luar biasa. Misalnya, mobil dapat bermanuver secara otomatis saat ada keadaan tak terduga. Dalam keadaan mecet pun bisa digunakan, sehingga pengemudi bisa lebih santai,” papar Webber. Ditambahkannya, kendaraan itu dapat mengenali situasi sulit seperti mendeteksi lampu merah, pejalan kaki, pengendara sepeda, dan mampu mengenali manusia yang berada di belakang mobil.

Sejatinya, para pabrikan di seluruh dunia memang sedang gencar-gencarnya mengembangkan teknologi sistem kemudi otomatis yang lebih aman dan nyaman. Dalam hal ini, Daimler dalam posisi berhadapan dengan rival terkuatnya, BMW.

Pertarungan pun tak hanya dimiliki Daimler dan BMW. Nissan, sebagai contoh, juga akan meluncurkan mobil dengan teknologi sejenis. Uji coba mobil otomatis tersebut pun telah dilakukan di berbagai negara. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan