home Berita Terkini, Mancanegara BMW Group Kuasai Pasar China

BMW Group Kuasai Pasar China

Mobkom-Image-BMW Kuasai Pasar China
Foto: Bloomberg

China tampaknya memang pasar menjanjikan bagi BMW Group. Buktinya, penjualan mereka di Negeri Tirai Bambu tersebut meledak, bahkan bisa melewati angka penjualan merek ternama lain, seperti Mercedes-Benz besutan Daimler AG dan Audi yang ditukangi Volkswagen.

Seperti dirilis Bloomberg, pengiriman produk BMW ke China mencapai 34.166 unit pada bulan lalu. Pencapaian ini berarti peningkatan 35 persen dari periode sama tahun sebelumnya. Dua pesaingnya, Mercedes dan Audi, hanya mencapai peningkatan di bawah BMW, masing-masing 27 persen dan 23 persen. Padahal, pasar kedua pabrikan tersebut juga mencakup Hongkong.

BMW, Daimler, dan VW sejauh ini memang terus menggenjot volume produksi mereka di China hingga empat kali lipat. Hal itu telah dilakukan sejak lima tahun terakhir. Tak heran, hampir 75 persen penjualan mobil premium di dunia merupakan produk ketiga pabrikan tersebut.

Penjualan BMW memang mengalami pertumbuhan paling cepat di China, terutama dalam kurun dua tahun terakhir. Bahkan, BMW Group berani memproyeksikan China sebagai pasar terbesar mereka, menggantikan posisi Amerika serikat.

Saat ini, fase ketiga pembangunan pabrik perakitan di Shenyang, China, pun hanya tinggal menunggu persetujuan. Bila telah rampung, pabrik perakitan tersebut mampu menambah kapasitas produksi mencapai 400 ribu kendaraan. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan