home Berita Terkini, Mancanegara Airbag Bermasalah, Odyssey Ditarik

Airbag Bermasalah, Odyssey Ditarik

Mobkom-Image-Airbag Bermasalah, Odyssey Ditarik
Foto: Istimewa

Karena kesalahan dalam chip komputer yang digunakan dalam sistem airbag, Honda Motor Co mengumumkan penarikan sekitar 405.400 kendaraan, termasuk minivan Odyssey di Amerika Serikat dan tiga negara lainnya, pada akhir pekan ini.

Jumlah Honda Odysseys di Amerika Serikat dan Kanada dari model 2003 dan 20014 yang ditarik sekitar 342 ribu. Untuk Acura MDXs dari model 2003 di Amerika Serikat, Kanada, Jepang dan Australia, ditarik sebanyak 63.400 unit.

Menurut petinggi Honda, sebuah chip computer di unit kontrol airbag bisa berfungsi ketika menerima gangguan listrik dari bagian lain di dalam mobil. Akibatnya, airbag pengemudi dan airbag untuk penumpang di belakang bisa mengembang secara tidak sengaja.

“Hal tersebut tentu sangat berbahaya dan merugikan pelanggan Honda. Karenanya, pengumuman recall tersebut dengan segera kita keluarkan. Untuk mengatasi hal ini, Honda akan memasang filter signal listrik,” papar sang Juru Bicara.

Dijelaskan lebih lanjut, pemasok chip komputeruntuk sistem airbag varian Honda tersebut adalah perusahaan bernama TRW. Sejauh ini, belum dilaporkan adanya kecelakaan fatal akibat kesalahan sistem airbag tersebut. Namun, beberapa pengemudi dilaporkan menderita cedera dan lecet pada lengan dan jari. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan