home Berita Terkini Susah Parkir, Lipat Saja Armadillo-T

Susah Parkir, Lipat Saja Armadillo-T

Mobkom-Image-Susah Parkir, Lipat Saja Armadillo-T
Foto: TechVehi

Sesuatu yang praktis kini makin diminati. Begitu pula dengan kendaraan. Saat ini bahkan telah diciptakan mobil lipat yang dinamai Armadillo-T, oleh Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Korea Selatan. Dengan mobil lipat ini, masalah lahan parkir diharapkan bisa diselesaikan.

Diungkapkan Profesor In-Soo Suh, sang kepala riset, mobil tersebut memang diciptakan untuk menjadi tren dan gaya hidup di masa depan. Segalanya diakomodir di Armadillo-T, mulai dari penggunaan listrik sebagai sumber daya, hingga tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Seperti diungkapkan laman TechVehi, kendaraan ini terinspirasi dari hewan asli Amerika Latin yang memang bernama armadillo. Binatang ini adalah jenis mamalia bercangkang, dimana cangkang tersebut melindunginya dari serangan pemangsa.

Saat dilipat, panjang Armadillo-T hanya 1,65 meter. Ini berarti Cuma sepertiga dari areal parkir mobil biasa, yang berkisar 5 meter. Penumpang bisa menggerakkannya hingga 360 derajat untuk memasukkan bodi ke lahan parkir sempit.

Sebagai penggerak, sebuah motor listrik disematkan di roda. Sumber energinya berupa baterai lithium-ion 13,6 kWh, dengan lama pengisian hanya 10 menit. Jarak yang bisa ditempuh untuk sekali isi baterai berkisar 100 km. Armadillo memiliki total berat 450 kg, yang dipusatkan di depan sebagai penyeimbang. Mobil ini juga telah menggunakan kamera sebagai pengganti kaca spion. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan