home Berita Terkini, Bus & Truk Penjualan Kendaraan Komersial Diprediksi Melemah

Penjualan Kendaraan Komersial Diprediksi Melemah

Mobkom-Image-Penjualan Kendaraan Komersial Diprediksi Melemah
Foto: Anton Ryadie/Mobkom

Akibat banyak perusahaan memperketat pengeluaran demi terus berlangsungnya usaha, penjualan kendaraan niaga jenis truk dan bus diprediksi cenderung melemah pada semester ke-dua 2013.

Keadaan itu notabene terhitung statis dari realisasi penjualan kendaraan niaga selama 6 bulan pertama tahun ini, yang mengalami sedikit perlambatan pertumbuhan sekitar 4-5 persen di bawah pencapaian tahun lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan truk dan bus selama Juni 2013, untuk kategori truk ringan (light truck) sebanyak 9.080 unit, truk sedang 1.409 unit dan truk berat (heavy truck) 1.672 unit.

Penjualan truk ringan selama paruh pertama tahun ini meningkat 7,7% menjadi 59.191 unit, lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu 54.950 unit, yang berasal dari merek Mitsubishi, disusul Toyota Dyna, Isuzu, dan Hino.

Angka penjualan yang kurang menguntungkan terjadi pada kategori truk sedang. Varian ini mengalami penurunan penjualan 5,7 persen menjadi 8.682 unit selama Januari-Juni 2013, di bawah realisasi penjualan periode yang sama tahun lalu, sebesar  9.183 unit.

Mobkom-Image-Penjualan Kendaraan Komersial Diprediksi Melemah
Foto: Anton Ryadie/Mobkom

Menurut Santiko Wardoyo, Sales and Promotion Director Hino Motors Sales Indonesia, saat ditemui pada acara buka bersama media, agen tunggal pemegang merek masih menghitung realisasi penjualan kendaraan niaga pada Juli 2013, yang diperkirakan lebih rendah dari bulan lalu karena waktunya mendekati Lebaran.

“Angka penjualan truk dan bus pada Juli 2013 masih kami hitung. Diprediksi besarannya lebih rendah dari bulan sebelumnya. Ini disebabkan konsumen lebih memilih membeli kendaraan penumpang untuk perjananan mudik Lebaran,” paparnya. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan