home Berita Terkini Nakal, Ford Kena Denda

Nakal, Ford Kena Denda

Mobkom-Image-Nakal-Ford-Kena-Denda
Foto: Ford Motor Company

Lalai memenuhi kewajiban untuk menarik variannya yang bermasalah, Ford Motor Company kena batunya. Pabrikan mobil ini diputuskan wajib membayar denda sebesar 17,4 juta USD atau setara Rp 180 miliar.

Seperti dilansir Bloomberg, varian-varian yang ditarik tersebut mengalami masalah pada sistem akselerasi, yang menyebabkan mobil melaju secara tiba-tiba. Berdasarkan data NHTSA, kasus ini merupakan buntut dari kecelakaan fatal di Arizona yang melibatkan Ford Escape.

Dijelaskan Nathan Naylor, juru bicara NHTSA, produsen memiliki kewajiban untuk memperhatikan faktor keselamatan konsumen. Hal-hal tersebut tak boleh dilalaikan. “Sesuai peraturan yang berlaku di AS, setiap merek wajib melapor maksimal lima hari kerja kepada NHTSA jika terjadi masalah berkaitan dengan keselamatan,” ungkap Nathan.

Saat ini, Ford sudah menarik 485.000 unit Escape dan Maverick produksi 2001-2004. Hal tersebut dilakukan setelah NHTSA menyelidiki dan menyimpulkan kalau sistem cruise control pada Ford bisa macet. Selain itu, pengatur gas pun tidak berfungsi dengan semestinya. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan