home Berita Terkini Mudik Gratis Lengangkan Terminal Bus

Mudik Gratis Lengangkan Terminal Bus

Mobkom-Image-Mudik Gratis Lengangkan Terminal Bus
Foto: Anton Ryadie/Mobkom

Banyaknya program mudik gratis yang diselenggarakan sejumlah pihak, ternyata membawa dampak kurang menguntungkan bagi armada bus di terminal. Berdasarkan pantauan, jumlah pemudik yang menggunakan bus di Terminal Kalideres menurun dibanding periode sama tahun lalu.

Berdasarkan data pengelola Terminal Kalideres, puncak arus mudik di terminal itu jatuh pada lima hari sebelum Lebaran (H-5) atau Sabtu (3/8) lalu. Jumlah penumpang mencapai 3.025 orang yang berangkat dengan 160 bus pada saat itu. Kebanyakan penumpang adalah pemudik tujuan Sumatra.

Menurut Bambang Susanto, salah seorang pengelola Terminal Kalideres, merosotnya jumlah penumpang itu diperkirakan karena banyaknya acara mudik gratis. “Ada mudik gratis dari perusahaan atau lembaga sosial. Karenanya, banyak masyarakat yang memanfaatkan kesempatan tersebut. Akibatnya, jumlah penumpang bus jadi turun,” katanya.

Bambang menambahkan, satu penyelenggara mudik gratis bisa memberangkatkan hingga belasan ribu penumpang. Alhasil, penumpang otomatis berkurang. Merosotnya jumlah penumpang bus di Terminal Kalideres tersebut sempat menimbulkan penumpukan bus pada hari-hari sebelum Lebaran. Hal itu disebabkan banyaknya armada bus yang disiapkan, namun keberadaan calon penumpang minim.

Mengenai arus balik, Bambang memperkirakan puncaknya akan jatuh pada hari Minggu (11/8) ini atau H+3.  Pasalnya, banyak pekerja atau karyawan yang sudah memulai kegiatannya pada Senin (12/8). Ia memprediksi kepadatan mungkin terjadi pada saat penumpang tiba, terutama bus-bus dari Sumatra. Karenanya, antisipasi hal-hal yang mengundang kerawanan telah ia siapkan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar pemudik bisa kembali ke rumah melalui Terminal Kalideres ini dengan nyaman,” paparnya. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan