home Berita Terkini, Teknologi Mobil Tanpa Sopir, Mainan Anyar Nissan

Mobil Tanpa Sopir, Mainan Anyar Nissan

Mobkom-Image-Mobil Tanpa Sopir, Mainan Anyar Nissan
Foto: TheGuardian

Kecanggihan yang ditawarkan di dunia otomotif makin tak terbendung. Contohnya Nissan. Seperti diungkap TheGuardian, tak ingin ketinggalan, mereka ikut mencanangkan produksi mobil tanpa sopir. Hal tersebut diungkapkan Wakil Direktur Eksekutif Nissan, Andy Palmer, di Irvine, California, pekan terakhir Agustus ini.

Menurut Palmer, setelah sukses dengan Nissan Leaf, yang merupakan mobil listrik, inovasi mereka tak berhenti. Akhirnya, diputuskan pada tahun 2020 mereka akan memasarkan mobil tanpa sopir dengan harga yang dapat dijangkau masyarakat.

Ditambahkan Palmer, Nissan akan menjadi pemimpin dalam produksi mobil yang lebih aman dengan menambahkan sistem elektronik yang mampu mencegah kecelakaan dan cedera. “Dengan sistem yang sama pula, kemacetan lalu lintas kita harapkan akan berkurang, penggunaan bahan bakar makin hemat, dan emisi gas buang bisa ditekan,” paparnya.

Lebih jauh diungkapkan Palmer, tak tertutup kemungkinan dalam proyek ini dilibatkan pihak lain, misalnya saja Google. Namun demikian, Nissan tetap berkeyakinan akan meluncurkan mobil tanpa sopir produksi mereka sendiri. “Mungkin nanti ada dua versi. Prototipe milik kami sendiri, dan versi lain, yang merupakan prototipe hasil kerjasama dengan pihak lain,” jelas Palmer.

Khusus untuk mobil listrik, Nissan kini telah memimpin pasar global. Lebih dari 75 ribu unit mobil listrik Leaf terjual sejak akhir 2010. Bahkan, Nissan telah mengirim 100 ribu mobil listrik untuk Renault SA, yang merupakan mitra mereka. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan