home Berita Terkini, Teknologi Mobil Hibrid, Proyek LIPI Selanjutnya

Mobil Hibrid, Proyek LIPI Selanjutnya

Mobkom-Image-Mobil Hibrid, Proyek LIPI Selanjutnya
Ilustrasi/Foto: Dedi Sofyan

Sedan dan bus listrik sudah sukses ditelurkan LIPI. Namun, itu hanya proyek awal dari kesinambungan kerja besar mewujudkan pengembangan mobil ramah lingkungan. Kini, LIPI membidik mobil hibrid sebagai program kerja selanjutnya.

Dalam dunia otomotif, hibrid adalah sistem pada mobil yang menggabungkan mesin pembakaran internal bersama motor listrik. Sistem ini juga merupakan salah satu solusi dalam menekan penggunaan bahan bakar kendaraan yang jumlahnya kian hari kian menyusut.

“Di masa depan, dunia otomotif akan mengaplikasi sistem elektrik karena masalah bahan bakar dan isu polusi udara. Mobil hibrid adalah perantara sebelum total berpindah dari mobil berbahan bakar minyak ke kendaraan elektrik,” papar Abdul Hapid, ketua peneliti mobil dan bus listrik LIPI, pada acara Hekteknas.

Mengenai mobil hibrid, berbeda dengan generasi mobil penumpang Hevina yang berupa sedan listrik, generasi penerusnya akan berupa MPV lima penumpang. Kini, penggarapannya sudah sekitar 75 persen. Untuk proyek ini, LIPI masih mempercayai rumah modifikasi Signal Kustom untuk ikut membantu. (DD/ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan