Mobkom-Image-Mesin Diesel Jadi Senjata Perang di Dunia Pikap

Mesin Diesel Jadi Senjata Perang di Dunia Pikap

Berita Terkini Mobil
Mobkom-Image-Mesin Diesel Jadi Senjata Perang di Dunia Pikap
Foto:AutomotiveNews

Torsi dan tenaga. Dua kata ini sudah lama menjadi senjata pilihan dalam perang varian pikap. Namun, kini wacana tersebut berubah. Efisiensi bahan bakar dan mesin diesel-lah yang menjadi sendi utama industri pikap.

Nissan misalnya, mencoba mengejar statusnya yang tertinggal di pasar pikap dengan menginstal mesin diesel Cummin 8 V untuk varian Titan 2015. Langkah ini menyusul Chrysler Group, yang juga memakai mesin diesel ringan untuk Ram 1500.

General Motors (GM) tak mau ketinggalan. Mereka sedang menyiapkan rencana menyiapkan diesel di generasi pikap Chevrolet Colorado dan GMC Canyon. Sumber di GM mengatakan, mereka sedang mendesain pikap versi diesel GM 2.5 liter atau 2.8-liter, dengan empat silinder Duramax turbodiesels, yang bakal masuk di jajaran varian pikap mereka pada 2014.

“Kami memang harus berkonsentrasi di mesin diesel untuk varian pikap kami ke depan. Tak ada pilihan lain, dan semua pabrikan melakukan hal yang sama,” ujar sumber GM tersebut, seperti dikutip AutomotiveNews.

Pergeseran penggunaan mesin diesel pada pikap – dalam kasus GM – adalah contoh terakhir bagaimana ketangguhan standar ekonomi bahan bakar jadi strategi jitu para pembuat pikap.  Secara historis, mereka mencari keunggulan kompetitif melalui semakin kuatnya mesin, atau melalui fitur bagus.

Kini, dengan penambahan mesin diesel di varian pikap kecil dan menegah, pembeli akan disuguhi pikap dengan tenaga yang lebih bervariatif dan hemat bahan bakar. Langkah cepat inovasi di pasar pikap diprediksi terus berlanjut, seiring dengan kompetisi yang makin panas. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Hits: 14

Tinggalkan Balasan