home Berita Terkini, Transportasi Masyarakat Antusias Tunggu Bus Wisata

Masyarakat Antusias Tunggu Bus Wisata

Mobkom-Image-Masyarakat Antusias Tunggu Bus Wisata
Foto: Istimewa

Rencana Pemprov DKI untuk mengoperasikan bus tingkat wisata di Jakarta kian mengemuka. Respon positif mulai berdatangan, terutama dari masyarakat. Mereka menyatakan antusias, dan berharap rencana tersebut bisa segera direalisasikan agar Jakarta makin berwarna.

Menurut Dena, salah seorang warga yang tinggal di Kembangan, rencana tersebut adalah hal positif. Pasalnya, ia dan keluarganya bisa menikmati pemandangan Jakarta dengan bus-bus anyar yang tidak dipungut biaya. “Walaupun awalnya untuk turis, warga bisa bersabar menantikan bus wisata bertingkat tersebut. Intinya, kami menyambut baik inovasi yang dilakukan pemprov DKI Jakarta,” papar Dena.

Hal senada diungkapkan Roy, penduduk asli Jakarta ber-KTP di bilangan Daan Mogot. Menurutnya, walau moda angkutan di Jakarta belum memuaskan, adanya bus tingkat wisata ini bisa menjadi angin segar bagi iklim transportasi di Jakarta. “Terobosan seperti ini akan membawa imbas positif bagi transportasi di Ibukota,” ujar Roy.

Belum Ada Spesifikasi

Walau wacana mengoperasikan bus tingkat telah digulirkan, ternyata belum disertai spesifikasi bus seperti apa yang bakal dioperasikan. Konon, bus tingkat tersebut mirip yang telah beroperasi di London, Inggris. Namun, sepertinya tidak sesuai dengan anggaran yang hanya Rp 2 miliar per-bus. Namun begitu, pihak Pemprov DKI menyatakan standar yang ditetapkan untuk bus wisata ini juga jelas dan tidak sembarangan, terkait aturan yang ada mengenai transportasi umum.

Soal pengelolaan, Pemprov DKI Jakarta juga belum menentukan siapa yang memegang kendali atas lima bus tersebut. Tidak menutup kemungkinan pengelolanya adalah biro perjalanan wisata, karena dianggap lebih paham. Pasalnya, bus ini memang direncanakan menghubungi titik-titik wisata di Jakarta, seperti pusat perbelanjaan hingga museum. Rencana awal, bus ini akan beroperasi dari Blok M hingga Monas. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan