home Berita Terkini, Teknologi LIPI Siapkan Prototipe Stasiun Isi Ulang

LIPI Siapkan Prototipe Stasiun Isi Ulang

Mobkom-Image-LIPI Siapkan Prototipe Stasiun Isi Ulang
Foto: Dedi Sofyan

Ada mobil listrik, tentu pula harus ada wadah untuk mengisi ulang energinya. Menanggapi hal itu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga tengah serius menggarap prototipe stasiun pengisian ulang listrik.

Diungkapkan Abdul Hapid, ketua tim peneliti mobil listrik LIPI, lembaganya memang sudah memikirkan hal tersebut. Pasalnya, saat ini memang banyak pihak meragukan kemampuan mobil listrik, terkait sisi praktis pengisian ulang baterainya.

“Banyak pihak yang, menyangsikan kemampuan baterai mobil listrik. Tak akan tahan lama, sehingga daya jelajahnya kurang. Padahal,  listrik itu sangat mudah distribusinya, tidak perlu bawa tangki, kemana-mana tidak perlu pipa,” papar Hapid.

Hapid menambahkan, jika mobil listrik diisi di rumah dengan tegangan 220 V, perlu 5-6 jam sampai penuh dari 30 persen sisa baterai. Nantinya, di stasiun pengisian hanya perlu waktu kurang lebih 10 menit. Prototipe isi ulang itu memiliki dayanya hampir 48 KW untuk isi ulang baterai sampai penuh. Dengan tenaga baru itu, mobil listrik bisa menempuh jarak 130-165 km. (DD/ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan