home Berita Terkini, Teknologi LIPI Luncurkan Bus Listrik

LIPI Luncurkan Bus Listrik

Mobkom-Image-LIPI Luncurkan Bus Listrik
Foto: Dok. Puspiptek

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tak main-main dengan inovasi teknologi inovatif dengan energi terbarukan. Buktinya, Senin (26/8), di Gedung Graha Widya Bhakti, Puspiptek, Serpong, Tangerang, mereka menggelar soft launching dua varian kendaraan bertenaga listrik, yakni bus dan sedan.

Kendaraan listrik itu diberi nama Hevina yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara.

“Menurut rencana, kedua kendaraan ini akan diserahkan ke Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti M. Hatta, pada acara puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) tanggal 29 Agustus 2013, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII),” papar Abdul Hapid, Koordinator Peneliti LIPI.

Khusus untuk bus listrik, kendaraan bernomer D7112 ini dibuat untuk Executive Mobile Meeting, dan memiliki beberapa keunggulan,  antara lain, dari segi tampilan eksterior, bus listrik yang bernama Hevina ini cukup elegan, dengan kaca besar dibagian kiri dan kanan. Interiornya pun bisa digunakan untuk rapat.

Ditambahkan Hapid, bicara soal pemakaian bahan bakar, bus listrik ini jelas lebih efisien. Pemakaian energinya dua kali lebih efisien dibandingkan dengan kendaraan berbasis motor bakar, mampu menurunkan biaya operasional dari 50 persen, menurunkan biaya peraawatan lebih dari 70 persen, tanpa emisi gas buang, bahan bakar flexible dan dapat diperbaharui, pengisian energi flexible dan biaya infrastruktur stasiun pengisian energi sangat murah. (DD/ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan