home Berita Terkini Konsumen Gagap Pahami Teknologi Otomotif

Konsumen Gagap Pahami Teknologi Otomotif

Mobkom-Image-Konsumen Gagap Pahami Teknologi Otomotif
Foto: MailOnline

Kemajuan di bidang teknologi kendaraan boleh saja kian berkembang dan canggih. Beragam fitur sah-sah saja disematkan. Namun, ternyata banyak konsumen otomotif yang gagap dan bingung dengan berbagai kecanggihan teknologi anyar tersebut. Alih-alih ingin mumpuni, fitur-fitur itu jadi tidak optimal penggunaannya.

Seperti diberitakan MailOnline, sebagian besar pengemudi yang menggunakan kendaraan dengan fitur dan perlengkapan terkini, tidak memahami fungsi setiap simbol peringatan di dashboard mobil. Pernyataan ini tidak mengada-ada, karena didasarkan survei yang dilakukan di Inggris. Hasil survei tersebut menyimpulkan,  hanya 15 persen, atau sekitar 12 simbol dari 90-an simbol yang dipasangkan pada dashboard mobil yang bisa dipahami pengemudi.

“Contoh simbol yang paling banyak tidak dipahami oleh responden adalah simbol masalah di konventer katalis. Hampir 95 persen responden keliru memahami artinya. Ini bisa menjadi masalah yang serius,” urai pelaksana survei tersebut.

Simbol lain yang tak dimengerti adalah peringatan masalah pendingin udara (86 persen) dan simbol peringatan tekanan ban (71 persen). Untuk simbol masalah kantong udara tidak dipahami 35 persen responden, dan lucunya, para responden menganggap simbol itu adalah peringatan agar memakai sabuk pengaman.

Lebih lanjut diungkapkan MailOnline, masalah simbol  tersebut  diperparah karena banyaknya simbol peringatan yang dibuat hanya untuk merek tertentu. “Rata-rata pengemudi mengabaikan nyala simbol peringatan di dashboard dan baru dua minggu kemudian mereka memeriksakan kendaraannya,” ujar sang pelaksana survei. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan