home Berita Terkini Kenali dan Pahami Indikator Mobil (1)

Kenali dan Pahami Indikator Mobil (1)

Mobkom-Image-Kenali dan Pahami Indikator Mobil
Foto: Istimewa

Jangan anggap remeh simbol dan indikator di dashboard mobil Anda. Pasalnya,  indikator adalah bahasa yang digunakan mobil untuk berkomunikasi dengan pengemudinya. Melaui Indikator yang berupa berbagai lambang yang terletak pada panel instrumen dashboard mobil, pengemudi mendapatkan petunjuk atau berbagai informasi penting seputar kondisi mobil pada saat itu.

Walaupun Lampu Indikator bukanlah sesuatu yang baru dan produsen telah berupaya untuk membuatnya sedemikian rupa agar mudah dimengerti, pada kenyataannya tidak semua pengemudi memahami petunjuk yang diinformasikan Indikator kepadanya. Bahkan ada yang menganggap lampu-lampu tersebut hanya sekedar hiasan yang memperindah panel instrumen.

Beberapa Indikator hanya mengingatkan pengemudi akan sesuatu, seperti lampu indikator bergambar Sabuk Pengaman (Seat Belt) yang berkedip atau bahkan juga berbunyi. Indikator tersebut berusaha mengingatkan pengemudi untuk mengenakan Sabuk Pengaman (demi keamanan berkendara). Tetapi terdapat juga beberapa Indikator yang dapat berakibat cukup fatal jika diabaikan.

Inilah beberapa indikator yang kerap ditemui, berikut penjelasannya;

Mobkom-Image-Kenali dan Pahami Indikator Mobil
Indikator Sabuk Pengaman

Indikator ini merupakan peringatan untuk menggunakan Sabuk Pengaman. Umumnya Indikator ini akan terus menyala, berkedip atau berbunyi selama Sabuk Pengaman tidak digunakan. Saat Anda siap untuk berkendara, sebaiknya segera gunakan Sabuk Pengaman demi keselamatan Anda dan juga menghindari tilang.

Mobkom-Image-Kenali dan Pahami Indikator Mobil
Indikator High Beam

Indikator ini menandakan bahwa Lampu Jauh (High Beam) sedang digunakan. Harap diketahui, penggunaan lampu jauh hanya dilakukan pada saat dan kondisi tertentu. Jika tidak dibutuhkan, segera matikan karena lampu ini menyilaukan dan mengganggu penglihatan pengendara lain dan dapat menyebabkan kecelakaan. (Bersambung…/ ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan