home Berita Terkini Kenali dan Pahami Indikator Mobil (3)

Kenali dan Pahami Indikator Mobil (3)

Mobkom-Image-Kenali dan Pahami Indikator Mobil (3)
Foto: Istimewa

Masih mengenai simbol-simbol dan indikator di dashboard mobil. Kami konsisten meneruskan membahasnya, karena penanda tersebut harus benar-benar diperhatikan. Kesalahan atau ketidakpahaman pengemudi dalam membaca tanda, bukan tak mungkin menyebabkan hal-hal yang tak diinginkan. Kali ini kami kembali memaparkan beberapa indikator mobil atau simbol, beserta pengertiannya, menyambung bagian kedua yang telah diuraikan;

 

Indikator ABS
Indikator ABS

Jika mobil Anda dilengkapi sistem pengereman ABS dan lampu indikator tersebut menyala, maka mengindikasikan masalah pada sistem ABS. Meskipun sistem ABS bermasalah, rem tetap bekerja (dengan cara konvensional), namun membiarkannya berlarut dapat membuat biaya perbaikan membengkak.

 

Indikator Kelistrikan
Indikator Kelistrikan

Saat indikator ini menyala, bukan berarti ada masalah pada Aki (Accu) mobil, tetapi pada sistem kelistrikan mobil, seperti masalah kinerja alternator, regulator, dan kabel-kabel penghubung yang tidak optimal.

 

Indikator Temperatur Mesin
Indikator Temperatur Mesin

Indikator ini menandakan suhu mesin atau radiator yang terlalu tinggi. Ada juga yang memiliki dua warna, yaitu hijau (keadaan suhu normal) dan merah (keadaan suhu tinggi / over heat). Jika indikator ini menyala pada saat berkendara, segeralah menepi dan matikan mesin.

 

Indikator Tekanan Oli
Indikator Tekanan Oli

Jika Indikator ini menyala, menandakan bahwa tekanan oli rendah (volume oli berkurang). Ini adalah masalah serius dan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kegagalan pada funsi pompa oli dan sebagainya.

 

Indikator Periksa Mesin
Indikator Periksa Mesin

Indikator ini menandakan bahwa ada komponen dari mesin yang tidak berfungsi dengan baik. Komponen tersebut dapat berupa sensor atau komponen lainnya yang mendukung kerja mesin secara keseluruhan. (Bersambung/ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan