home Berita Terkini, Bus & Truk Jalur Sulit pun Dilibas Truk Volvo

Jalur Sulit pun Dilibas Truk Volvo

Mobkom-Image-Jalur Sulit pun Dilibas Truk Volvo
Foto: Volvo Trucks Indonesia

Tak dapat disangkal, truk-truk berat Volvo selain gesit melaju di jalur on-road, nyatanya juga piawai menaklukkan jalur off-road yang terbukti berat. Hebatnya, pada jalur sulit tersebut, asupan konsumsi bahan bakarnya terhitung efisien.

Hal itu dibuktikan pada ajang Volvo Trucks Fuelmatch 2013 (jalur off road) di Bumi Parahyangan, Bandung, Jawa Barat, awal pekan ini. Di perhelatan yang menggerus jalur 4,2 kilometer tersebut, salah satu pemenang,  Rudi Ananta dari PT Graha Prima Energy, hanya menghabiskan 3,8 liter solar untuk melibas lintasan. Padahal, varian FMX 440 yang dikemudikan Ananta juga membawa beban total 45 ton.

Diungkapkan Roberto Christian, Comunicating Manager PT Volvo Indonesia, khusus untuk truk berat, ukuran pemakaian BBM bukanlah liter per-kilometer jarak tempuh, namun liter per-ton beban perkilometer beban yang dipindahkan.

“Tips hemat bahan bakarnya sederhana. Yang penting, jaga putaran mesin di kisaran 1.500 rpm, dan jeli dalam pemindahan mode transmisi; apakah memakai mode manual atau otomatis,” ujar Roberto.

Mengenai varian FMX sendiri, merupakan truk berat (heavy duty) Volvo berpenggerak 4×8, dengan daya maksimum 440 tenaga kuda, yang mengusung konsep Driving, Visibility, Audio System, Personal Safety and Off Road FMX. Varian ini memiliki sasis berbagan U, dengan kepala yang dirancang pada tingkat keselamatan tertinggi dan mudah dirawat.

Prospek bisnis Volvo di Indonesia pun cukup mantap. Penyebaran truk-truk berat mereka semakin menjanjikan. Kini, mereka berada di tiga besar. Hal tersebut karena Volvo mampu memenuhi keperluan perusahaan pertambangan yang beraneka di segala jenis medan. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan