home Berita Terkini, Mancanegara Hindari Kecelakaan dengan Kafein

Hindari Kecelakaan dengan Kafein

MobKom-image-Hindari-Kecelakaan-dengan-Kafein
Foto: Antonius Sulistyo – MobKom

Kafein, yang selama ini kita kenal sebagai kandungan utama dalam kopi, ternyata bisa mencegah kecelakaan. Sebuah studi yang dilakukan di New South Wales dan Australia pada sekitar seribu sopir truk menyimpulkan, konsumsi kafein dapat mengurangi resiko kecelakaan sekitar 63 persen.

Diungkap HuliqCom, hasil penelitian mengatakan kafein adalah ‘stimulan psiko’ yang menekan bawaan adenosin untuk tidur. Penelitian dilakukan oleh British Journal Medican dimulai pada Desember 2008 dan berakhir pada Mei 2011. Penelitian tersebut mempelajari 530 sopir kendaraan komersial jarak jauh di Australia dan New South Wales, yang baru saja terlibat dalam kecelakaan yang telah diselidiki oleh polisi. Dan 517 pengemudi truk komersial yang tidak terlibat dalam kecelakaan pada tahun sebelumnya.

Penelitian itu disesuaikan dengan usia, masalah kesehatan dan kebiasaan tidur. Mereka juga diobservasi terhadap penggunaan stimulan, seperti amfetamin ilegal, ekstasi dan kokain. Namun begitu, meski hasil studi mengungkapkan kafein mampu membuat sopir lebih waspada, sehingga dengan demikian lebih aman, konsumsi kafein secara berlebih dapat mengganggu kualitas dan kuantitas tidur. (DD)

Editor : Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan