home Berita Terkini, Mancanegara GM Bersiap Minggat dari Korsel

GM Bersiap Minggat dari Korsel

Mobkom-Image-GM Bersiap Minggat dari Korsel
Foto: General Motors Co

Akibat persoalan pembiayaan tenaga kerja yang kian mahal, General Motors Co (GM) produsen otomotif asal Amerika Serikat (AS), berencana hengkang dari Korea Selatan.

Seperti diberitakan Reuters awal pekan ini, GM telah mengambil sikap serius dengan rencana hengkangnya itu lewat pengalihan model-model terbaru dari Korea Selatan.

Gawatnya, langkah GM ini diam-diam mulai diikuti sejumlah produsen otomotif lokal. Mereka juga mengeluhkan tingginya biaya tenaga kerja di negara tersebut.

Berdasarkan data, GM melakukan penetrasi  di Korea Selatan mulai tahun 2002. Saat itu GM berhasil mengakuisisi perusahaan lokal Daewoo Motors. Sejak itu, produksi di Korea Selatan menyumbang keuntungan sebesar 20 persen dari produksi global tahunan GM sebanyak 9,5 juta mobil. Selain itu, 80 persen produksi dalam negeri  di Korea Selatan diekspor ke seluruh dunia.

Menurut Choi Jong-Hak, juru bicara serikat pekerja Korea Selatan,  rencana GM tersebut merupakan bentuk tekanan kepada para buruh. Ditambahkannya, rencana itu juga merupakan bentuk intimidasi kepada seluruh pekerja pabrik GM di Korea Selatan.

“Bulan lalu, GM Korea mencapai kesepakatan upah tahunan  termasuk bonus sebesar 10 juta won per-anggota dengan serikat pekerja. Namun dengan rencana tersebut maka ada indikasi usaha GM untuk menekan seluruh karyawan di dalam pabrikan tersebut,” ujar Choi dengan nada gusar. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan