home Berita Terkini, Mancanegara, Teknologi Ford Makin Seriusi Pikap Gas

Ford Makin Seriusi Pikap Gas

Mobkom-Image-Ford Makin Seriusi Pikap Gas
Foto: Automotive News

Ford Motor Co makin serius menggarap pikap berbahan bakar gas. Buktinya, mereka akan menawarkan pikap F-150 keluaran 2014 dengan paket peralatan yang memungkinkan kendaraan tersebut berjalan menggunakan gas alam terkompresi atau gas propana cair. Opsi ini akan tersedia pada F-150s, yang didukung oleh mesin 3,7-liter V-6.

Pabrikan Ford, seperti dirilis Automotive News, menginstal paket persiapan kendaraan tersebut meliputi katup pengeras, piston dan ring yang dirancang untuk beroperasi di bahan bakar terpisah, gas atau bensin.

“Bisnis dan para pelanggan telah meminta Ford untuk membuat F-150 yang tersedia dengan  bahan bakar CNG. Mereka tentu ingin mengambil keuntungan dari rendahnya harga bahan bakar gas,” papar Jon Coleman. Ia menambahkan, dengan uang yang disimpan menggunakan CNG, pelanggan bisa mulai melihat pengembalian atas investasi mereka dalam waktu 24 sampai 36 bulan.

Ford bekerja dengan enam sistem, yang dikenal sebagai “pengubah kendaraan yang berkualitas,” untuk menginstal CNG  atau sistem bahan bakar LPG. Dalam hal ini, Ford akan menghormati ketentuan garansi mesin untuk sistem yang dipasang.

Ford memperkirakan biaya konversi antara USD 8.000 – USD 11.000 per-kendaraan tergantung pada ukuran dari tangki bahan bakar. Estimasi Ford, dalam 24-36 bulan biaya konversi sudah balik modal, didasarkan pada perbedaan antara harga gas alam dan harga bensin biasa.

Sesungguhnya, Ford mulai menawarkan konversi gas alam untuk pelanggan di 2009, dengan E-series van dan telah menambahkan pikap Super Duty, Transit Connect, beberapa truk menengah ke daftar konversi. Kini, mereka bersiap menambah F-150 ke daftar tersebut. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan