home Berita Terkini, Teknologi Butuh Tahapan Panjang Massalkan Hevina

Butuh Tahapan Panjang Massalkan Hevina

Mobil listrik
Foto: Dedi Sofyan

Setelah sukses diluncurkan, mobil listrik besutan LIPI, Hevina, akan menempuh babak baru. Tahap tersebut adalah kemungkinan mobil prototipe jenis sedan dan bus listrik itu bisa diproduksi secara massal. Namun begitu, butuh kesiapan dan tahapan yang lebih panjang agar mobil ini bisa masuk pabrikan.

Diungkapkan Abdul Hapid, ketua tim peneliti mobil dan bus listrik LIPI, Hevina telah menjadi prototipe dan siap diproduksi lebih banyak. Namun, ada banyak pertimbangan bagi industri otomotif dalam memproduksi mobil listrik ini, terutama dalam hal bisnis. Namun demikian,  paling tidak Hevina sudah bisa menjadi bakal calon akan seperti apa model mobil ramah lingkungan di Indonesia.

“Yang pasti, kita sudah menelurkan prototipe yang bakal jadi contoh kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan di masa depan. Kami memang berharap industri berminat mengembangkan ini. Kami siap untuk memaparkan nilai-nilai positif dari Hevina,” papar Hapid, saat ditemui pada acara Hakteknas,di  Taman Mini Indonesia Indah.

Hapid menambahkan, jika serius ingin diproduksi, maka pihaknya akan menyiapkan prototipe produksi. Pasalnya, Hevina yang ada sekarang adalah prototipe riset. “Tugas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) hanya memikirkan sebuah konsep mobil masa depan yang sangat ramah lingkungan. Sedangkan bila ingin masuk ke skala industri maka akan dilempar ke perusahaan pendonor dana,” papar Hapid. (DD/ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan