home Berita Terkini, Mancanegara Uji Ketahanan, Ford Berdayakan Robot

Uji Ketahanan, Ford Berdayakan Robot

MobKom-image-Mancanegara-Uji Ketahanan, Ford Berdayakan Robot
Foto: Work Truck News

Kemajuan teknologi memungkinkan sinergi yang tak terbatas. Itu pula yang terjadi di sektor otomotif dan mekanikal. Baru-baru ini, para insinyur Ford telah mengembangkan implementasi robot untuk tes pengujian daya tahan varian baru mereka, Ford All-New Transit Van, yang akan diluncurkan pada tahun 2014.

“Beberapa tes yang kami lakukan pada truk komersial kami, di regional Amerika Utara, sangat berat. Itu yang membatasi kemampuan manusia untuk melakukan tes. Karenanya, penggunaan robot akan sangat memecahkan masalah,” ujar Dave Payne, Manajer Operasi Pengembangan Kendaraan Ford. Ditambahkannya, pengujian robotik memungkinkan mereka mempercepat pengujian daya tahan sekaligus meningkatkan produktivitas program mereka yang lain.

Seperti dirilis Work Truck News, teknologi ketahanan termasuk modul kontrol robotik dipasang di kendaraan uji yang mengontrol kemudi kendaraan, akselerasi dan pengereman. Modul ini diatur untuk mengikuti kursus terprogram, dan posisi kendaraan yang dilacak melalui kamera di ruang kontrol pusat. Penggunaan robot selain mampu mempercepat pengujian, memungkinkan produksi dalam jumlah yang tidak terbatas, hingga para insinyur Ford puas dengan hasilnya.

Lebih lanjut diungkapkan, para insinyur Ford juga bekerja sama dengan Otonomi Solutions Inc, untuk merancang dan memproduksi perangkat lunak dan komponen, yang memungkinkan implementasi operasi robot pada kendaraan uji. “Kami sangat senang bekerja dengan Ford untuk pengujian kendaraan,” ujar Mel Torrie, CEO Otonom Solutions Inc.

Namun demikian, baik Ford maupun Otonom Solutions, menegaskan bahwa¬† tujuan mereka tidak untuk mengembangkan sebuah kendaraan yang benar-benar robotik, yang dapat berjalan sendiri di jalan-jalan kota. “Tujuan kami adalah untuk menciptakan solusi jalur tes, yang memungkinkan untuk jenis pengujian intens ke batas paling ekstrim, sambil menjamin keselamatan semua pihak yang terlibat,” beber Mel. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan