home Berita Terkini, Mancanegara, Transportasi Taksi Listrik Mengaspal di Hongkong

Taksi Listrik Mengaspal di Hongkong

MobKom-Image-Mancanegara-Taksi Listrik Mengaspal di Hongkong
Foto: Econews

Pemerintah Hongkong amat peduli terhadap isu-isu pencemaran. Sejalan dengan itu, mereka berusaha meminimalisir sumber-sumber penyebab polusi. Sebagai langkah nyata, mereka mulai mengoperasikan taksi bertenaga listrik.

Seperti dilansir AFP, taksi-taksi yang mengaspal di Hongkong diketahui buatan produsen otomotif China BYD, dan mendapat dukungan investor besar asal AS, Warren Buffet. Armada tersebut disewa oleh Hong Kong Taxi dan Public Light Bus Association untuk masa percobaan selama enam bulan.

Menurut Wong Chung Keung, sang presiden asosiasi, ide agar bersahabat dengan lingkungan menjadi tren global dan mobil listrik adalah contoh yang baik. “Selain itu, mobil listrik tidak perlu BBM, sehingga pengemudi bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak,” tambahnya.

Lebih jauh diungkapkan Wong, taksi dengan mesin BBM tiap satu kilometer biayanya sekitar 0,8 dolar Hong Kong (sekitar Rp900), sedangkan mobil listrik hanya sepertiganya.

Saat ini, kurang lebih terdapat 45 taksi listrik BYD e6, jenis crossover lima pintu berwarna merah. Tenaga BYD e6 menggunakan baterai fosfat dan hanya perlu dua jam pengisian ulang untuk menempuh 300 km. BYD menyediakan 47 charger di sembilan lokasi. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan