home Berita Terkini Sopir Truk Profesional Jadi Incaran

Sopir Truk Profesional Jadi Incaran

Foto: Autoblog
Foto: Autoblog

Mencari pengemudi kendaraan berat seperti truk ternyata tidak mudah. Apalagi sang pengemudi disyaratkan sebagai pekerja yang profesional, yang tahu betul bagaimana menjalankan kendaraan dengan bobot besar tersebut. Hal inilah yang terjadi di Amerika Serikat. Kebanyakan para pengusahan di sana melakukan rekrutmen sepanjang tahun untuk mencari sopir truk yang bisa diandalkan, namun mendapatkan hasil yang kurang memuaskan.

Menurut Brett Aston, Konsultan Karir dari CareerDaily, merekrut pengemudi truk yang baik bisa diibaratkan seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami. Kadang, spesifikasi yang diminta oleh perusahaan tidak dapat dipenuhi pelamar. “Para pelamar yang datang hanya tahu bagaimana caranya mengemudikan truk. Namun, mereka tidak mengerti lebih jauh tentang safety driving, khususnya untuk kendaraan berat,” papar Brett.

Seperti diulas Truking News baru-baru ini, berdasarkan data CareerDaily, lowongan untuk pengemudi truk di AS hingga pertengahan 2013 mencapai 122.775 kesempatan. Namun, yang bisa diperoleh perusahaan amat minim, hanya 6,7 persen dari kebutuhan yang ada.

“Posisi sopir truk menjadi posisi ke-empat yang paling sulit didapat oleh perusahaan. Tak heran, seiring berjalannya waktu, profesi tersebut bisa menjadi jabatan yang amat bergengsi, karena permintaannya tinggi,” papar Brett Aston.

Diungkapkan lebih lanjut, sulitnya mengisi lowongan sebagai sopir truk di AS karena para pengemudi tersebut dituntut memiliki pengetahuan yang mumpuni di bidang transportasi, pengenalan area, keselamatan di jalan, kecakapan merawat kendaraan dan banyak hal lain.

“Hal ini mungkin berbeda dengan kondisi di negara berkembang. Untuk mengisi lowongan sebagai pengemudi truk, tidak banyak yang diminta oleh perusahaan. Biasanya, pengetahun para sopir tersebut tentang keselamatan berkendara juga rendah. Tak heran angka kecelakaan yang disebabkan kendaraan berat itu cukup tinggi,” ulas Brett Aston. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan