home Berita Terkini, Teknologi GM dan Honda Bermitra

GM dan Honda Bermitra

MobKom-Image-Mancanegara-GM dan Honda Bermitra
Foto: Isitimewa

Kemitraan ditunjukkan dua pabrikan otomotif besar, General Motors dan Honda. Mereka akan bekerja sama mengembangkan kendaraan energi fuel cell. Targetnya, produksi massal akan dimulai tahun 2020. Kerjasama ini ditujukan untuk memecahkan dua masalah terbesar fuel cell, yaitu harga yang tinggi dan kurangnya stasiun pengisian.

“Honda dan GM sangat ingin mempercepat penetrasi pasar fuel cell karena teknologinya yang ramah lingkungan,” kata petinggi Honda Takanobu Ito, seperti dirilis AFP. Ia menambahkan, senang bisa bekerja sama demi fuel cell dan menciptakan sistem yang canggih, yang lebih baik, dan harganya lebih terjangkau.

Ditambahkan Takanobu, para insinyur dari kedua perusahaan akan bekerja sama untuk mengembangkan generasi berikutnya dari teknologi fuel cell. GM dan Honda akan bertukar penelitian masing-masing dan melakukan penelitian bersama di Michigan dan Jepang. Perjanjian dua pihak itu tidak mencakup manufaktur, namun kemungkinan mereka akan menggunakan dasar mesin yang sama, demikian juga untuk tangki penyimpanan fuel cell.

Hal senada diungkapkan Petinggi GM, Dan Akerson. Menurutnya, kerjasama itu dibangun berdasarkan kekuatan Honda dan GM sebagai yang terdepan dalam teknologi sel bahan bakar hidrogen. Teknologi fuel cell dinilai menjanjikan untuk kendaraan ramah lingkungan sebab tidak ada emisi kecuali uap air dari knalpot.

Berdasarkan catatan, GM mulai mengembangkan teknologi fuelcell sejak 1960-an. Ada 119 kendaraan GM dengan teknologi tersebut sejak tahun 2007. Sementara, Honda berencana meluncurkan fuel cell FCX Clarity di Jepang dan Amerika Serikat mulai 2015. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan