home Berita Terkini, Mancanegara Ford dan Toyota Akhiri Kemitraan Pengembangan Pikap Hibrid

Ford dan Toyota Akhiri Kemitraan Pengembangan Pikap Hibrid

MobKom-image-Ford dan Toyota Akhiri Kemitraan Pengembangan Pikap Hibrid
Foto: Istimewa

Ford Motor Co dan Toyota Motor Corp akhirnya mengakhiri kemitraan untuk mengembangkan sistim bensin-listrik (hibrid) untuk varian pikap, Rabu (24/7) ini.

Raj Nair, Kepala Pengembangan Produk Perusahaan Ford, mengatakan kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri kerjasama setelah melakukan penelitian dan pengembangan bersama.

Namun begitu, seperti dirilis Automotive News, Raj menegaskan Ford dan Toyota akan terus bekerjasama dalam penelitian standar teknologi mobil dan sistem komunikasi. Toyota pun, dalam sebuah pernyataan, mengatakan akan mempertimbangkan sektor lain untuk kolaborasi masa depan dengan Ford.

Lebih jauh diungkapkan, sebenarnya kerjasama itu sendiri sudah menguntungkan keduabelah pihak. Toyota telah mendominasi pasar hibrid global sejak memperkenalkan sedan Prius pada tahun 1997. Produsen otomotif Jepang tersebut juga menyumbang sekitar dua-pertiga dari pasar hibrid AS pada semester pertama tahun 2013.

Sedangkan Ford, telah membuat terobosan di pasar hibrid AS tahun ini, pada kuatnya permintaan untuk Fusion dan C-Max hibrida di California dan pasar lainnya. Penjualan Ford naik 15 persen dari pasar hibrid AS selama enam bulan pertama tahun 2013 dan naik dari 3 persen untuk waktu yang sama tahun lalu. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Dedi Sofyan

Wartawan muda yang dinamis dan penuh potensi. Ranah otomotif adalah minatnya, dan Mobilkomersial.com jadi tantangannya.

Tinggalkan Balasan